Membuat Bahan Uji (Soal) Interaktif Dengan Hot Potatoes

Sebagai guru kita tidak bisa lepas dengan BABU (Bahan Ajar dan Bahan Uji). Saat ini ICT berkembang begitu pesat. Kita sebagai guru hendaknya bisa memanfaatkan ICT untuk mendukung pembelajaran, agar pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak monoton. Membuat bahan ajar dengan menggunakan aplikasi komputer sudah saya ulas pada posting terdahulu, baik menggunakan ispring maupun exe. Kali ini akan kita ulas bagaimana membuat bahan uji dengan menggunakan aplikasi (software) komputer. Ada beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan. Kali ini kita akan ulas aplikasi yang disebut Hot Potatoes.

Keunggulan Hot Potatoes:

  1. Mendukung berbagai jenis bentuk soal, yaitu JQuiz, JMix, JCross, JMatch dan JCloze

    JQuiz
    Merupakan penggabungan dari JQuiz dan JBC yang ada di versi sebelumnya. Dengan JQuiz kita dapat membuat :
    (1) soal pilihan ganda (Multiple Choice Questions)dengan jumlah item yang dapat kita atur sendiri.
    (2) soal isian singkat (Short Answer Question)yang menyediakan kotak teks sebagai tempat mengetik jawaban soal.
    (3) soal gabungan dari pilihan ganda dan isian singkat (hybrid question), yaitu soal yang harus dijawab dengan mengisi kotak teks tetapi bila jawaban pertama salah maka muncul pilihan jawabannya.
    dan yang ke (4) adalah soal pilihan ganda majemuk (multi-select question), yaitu soal dengan pilihan jawaban lebih dari satu.

    JMix
    Ini cocok untuk membuat soal bahasa, yaitu untuk membuat kuis dalam bentuk acak kata (jumble word) dan acak kalimat (jumble sentence). Tahukan? Itu lho menyusun kata dengan menggunakan huruf yang tidak beraturan letaknya (misal: u k c n g i disusun menjadi kata kucing). Untuk menyusunnya bisa dengan menklik hurufnya secara berurutan atau menarik dan menyusun hurufnya (drag and drop).

    JCross
    Nah ini yang asyik. Hanya dengan menginput jawaban secara berurutan dan mengklik perintah “manage grid” maka soal TTS kita sudah jadi bentuknya, tinggal memasukkan “clue” untuk masing-masing jawaban.

    JMatch
    Dari namanya bisa ditebak kalau menu ini adalah untuk membuat soal menjodohkan. Caranya juga mudah. Masukkan kata-kata untuk bagian sebelah kiri dan pasangannya di sebelah kanan dan program akan otomatis mengacak urutannya saat kita menekat perintah “create web page”.

    JCloze
    Nah yang terakhir ini untuk membuat soal melengkapi kalimat. Untuk membuatnya kita harus memasukkan kalimat atau paragraf yang lengkap. Tandai bagian yang akan dikosongkan dengan perintah gap, maka ketika sudah jadi akan ada bagian kosong ditengah kalimat yang harus diisi siswa. (Sumber: http://bahankuliahstai.wordpress.com/tips/membuat-kuis-interaktif-menggunakan-software-hot-potatoes/

  2. Bisa diintegrasikan dengan LMS (Learning Managemen System) seperti Moodle.
  3. Mudah pengopeasiannya
  4. Gratis
Hot Potatoes dapat kita unduh di website resminya yaitu www.hotpot.uvic.ca. Tutorialnya dapat diunduh di tautan di bawah ini
Panduan Membuat Bahan Uji Dengan Hot Potatoes
About these ads

Tentang Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 5 September 2011, in EduSoft and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. bapak saya mau tanya apakah hot potatoes bisa menganalisis seperti moodle

  2. kalau laptop dg processor intel atom bisa di instal hot potatoes g??

  3. saya baru mencoba membuat soal dengan jmatch dan merencanakan membuat soal 10 mitem, tapi kesulitan untuk menambahkan soal, bagaimana solusinya pak?

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s