Pendataan Online Sekolah Menengah Menggunakan PAS (Paket Aplikasi Sekolah)

PASPaket Aplikasi Sekolah (PAS) adalah aplikasi managemen sekolah, yaitu aplikasi data base untuk mengolah semua data sekolah yang meliputi data kesiswaan, guru, tenaga kependidikan, kurikulum, perpustakaan dan lain-lain. PAS telah dikembangkan sekitar tahun 2002. Namun waktu itu hanya sekolah RSBI yang diwajibkan menggunakan PAS. Ada beberapa sekolah yang sudah menerapkan PAS waktu itu. Karena jarang sekolah yang memakai dan kurang dukungan dari pemerintah maka boleh dikatakan PAS mati suri.

Seperti kita ketahui bersama bahwa data base adalah merupakan masalah  klise pendidikan kita. Dengan kemajuan ICT pendidikan menengah kemdikbud mengatasi masalah data base pendidikan di Indonesia dengan melakukan pendataan online berbasis ICT. Untuk keperluan tersebut, PAS yang sudah mati suri dihidupkan kembali dan dikembangkan sehingga menjadi lebih baik. Bila dulu sekolah menengah (SMA/SMK) tidak wajib menggunakan PAS maka sekarang semua sekolah menengah wajib menggunakan PAS dan melakukan sinkronisasi dengan server pusat PAS pendataan dikmen kemdikbud.

Berikut ini adalah kebijakan pemerintah pusat yang dapat digunakan sebagai pemicu masing-masing satuan pendidikan sehingga aktif mengirim dan mengupdate satanya yang disimpan di server pusat.

1. Dana Bantuan Operasional Sekolah Menengah (BOSM)

2. Dana Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru

3. Penerbitan Nomor Peserta Ujian Nasional

4. Kelengkapan Data Sebagai Syarat Layanan

Bila sekolah menginginkan keempat diatas terpenuhi maka sekolah harus menerapkan PAS di sekolah. Lebih jauh mengenai PAS dan pendataan online, silakan mengunjungi Situs Pendataan Dikmen Kemdikbud. Apakah sekolah Anda sudah menerapkan PAS?

About these ads

Tentang Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 11 Desember 2012, in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s