Draft Revisi Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2008 Tentang Guru

guru2Semenjak munculnya sertifikasi jabatan guru, beban guru berubah yang semula 18 jam pelajaran per minggu menjadi 24 jam pelajaran per minggu. Akibat yang sangat dirasakan oleh guru adalah banyak guru kekurangan jam untuk memenuhi beban mengajar tersebut. Terjadi keresahan oleh guru karena khawatir tunjangan profesi dicabut gara-gara jam mengajarnya kurang dari 24 jam per minggu.

Beban mengajar 24 per minggu tersebut diatur dalam peraturan pemerintah no 74 tahun 2008 tentang guru. Alhamdulillah peraturan pemerintah no 74 tahun 2008 sedang diresvisi yang sampai saat ini masih berupa draft. Adapun beberapa isi dari Draft Revisi Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2008 adalah:

  1. Jam wajib kepala seolah 3 jam pelajaran per minggu, semula 6 jam pelajaran per minggu
  2. Beban kerja guru dalam melaksanakan kegiatan lain seperti wali kelas, pembina kegiatan ekstra kurikuler, penilai kinerja guru, guru pembimbing, koordinator pengembangan keprofesian berkelanjutan, melaksanakan pembelajaran pada pendidikan non-formal, pembelajaran secara tim, atau tugas lain yang relevan dengan fungsi guru dihargai paling sedikit 6 (enam) jam paling banyak 12 (dua belas) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu.

Itu diantara perubahan dalam Draft Revisi Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2008. Adapun draft selengkapanya dapat Anda unduh melalui tautan di bawah ini:

Draft Revisi Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2008

About these ads

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 12 Februari 2013, in Pendidikan, Peraturan Perundangan and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Muh.Syamsu Nursi, S.Pd.I.,M.M

    Saya sangat senang dan setuju melihat revisi PP 74 Tahun 2008, tujuan pemerintah untuk merivisi sangat disenangi guru2 terutama temen2 guru yg mash kekurangan jam, wali kelas sangat pantas untuk kembali dihitung beban kerja, teruskan perjuanganx untuk disahkan revisi PP 74 thn 2008

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s