Pendekatan dan Metode Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013

belajarDalam draft Pengembangan Kurikulum 20013 diisyaratkan bahwa proses pembelajaran yang dikehendaki adalah pembelajaran yang mengedepankan pengalaman personal melalui observasi (menyimak, melihat, membaca, mendengar), asosiasi, bertanya, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Disebutkan pula, bahwa proses pembelajaran yang dikehendaki adalah proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student centered active learning) dengan sifat pembelajaran yang kontekstual. (Sumber: Pengembangan Kurikulum 20013, Bahan Uji Publik, Kemendikbud).

Apakah konsep pendekatan dan metode pembelajaran yang ditawarkan Kurikulum 2013 merupakan konsep yang baru. Menelaah kaimatnya saya beranggapan bahwa konsep yang ditawarkan oleh Kurikulum 2013 bukan merupakan hal yang baru. Pada Kurikulum KTSP bahkan kurikulum sebelumnya juga menawarkan hal yang sama. Jauh sebelum Kurikulum KTSP kita mengenal yang namanya CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). Di Kurikulum KTSP bahkan kita disuguhi berbagai macam pendekatan dan metode pembelajaran mutakhir yang pada ntinya pembelajaran berpusat pada siswa, misal Pembelajaran KonstruktivismePAKEMPembelajaran KontekstualQuantum LearningPembelajaran AktifPembelajaran Berdasarkan MasalahPembelajaran InkuiriPembelajaran Kooperatif dengan aneka tipenya,dan lain sebagainya.

Sebenarnya yang menjadi permasalahannya adalah tingkat implementasi yang rendah dari pendekatan dan metode pembelajaran tersebut. Bila kita melakukan observasi maka masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah (Chalk and Talk Approach) apapun kurikulum yang digunakan. Bila kondisi ini dibiarkan terus bukan tidak mungkin Kurikulum 2013 tidak akan membawa dampak positif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan demikian menjadi penting sekali guru dibekali (misal dengan pelatihan yang memadai) pendekatan dan metode pembelajaran yang bersifat student centered active learning, bersamaan dengan diberlakukannya Kurikulum 2013. Pelatihannya jangan asal-asalan, tetapi pelatihan yang benar-benar pelatihan.

Tulisan Terkait

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 8 Maret 2013, in Kurikulum, Pendidikan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. saya seorang guru bahasa indonesia di yayasan hangtuah tepatnya di sma hang tuah yang sudah lama mengajar dan sudah sering berganti ganti kurikulum jadi dgn pergantian kurikulum 2013 ya dijalankan and nikmati saja gitulooo okeee ,sependapat gak.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s