Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

SNPSebagai guru tentu kita harus sudah membaca Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, atau paling tidak paham tentang 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan), atau paling tidak pernah dengar (Kalau yang terakhir jangan ditiru).

Sebagai guru juga sebaiknya tahu bahwa saat ini sudah terbit PP (Peraturan Pemerintah) yang baru tentang SNP, yaitu Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Apa saja perubahan-perubahan yang dilakukan oleh pemerintah mengenai 8 SNP? Ternyata sangat banyak, salah satu perubahan itu sudah memasukkan istilah kompetensi inti. Istilah (konsep) ini muncul di kurikulum 2013. 

Setelah saya membaca sekilas (belum semuanya), di antara perubahan-perubahan SNP (Standar Nasional Pendidikan) adalah sebagai berikut:

  1. Ditiadakannya UN (Ujian Nasional) jenjang SD dan yang sederajat. Itu artinya ke depan UN (Ujian Nasional) tetap diselenggarakan oleh pemerintah, kecuali SD (walaupun sampai saat ini UN ditentang habis-habisan oleh banyak kalangan)
  2. Kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan juga mengalami perubahan.
  3. Struktur kurikulum sudah tidak ada lagi mata pelajaran TIK (tamat sudah TIK).
  4. Munculnya intilah peminatan (pengganti istilah penjurusan), yaitu peminatan matematika dan ilmu pengetahuan alam, peminatan ilmu pengetahuan sosial, peminatan bahasa dan budaya, atau peminatan lainnya.
  5. Muncul istilah kompetensi inti (istilah kurikulum 2013)

Nampaknya PP No 32 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dibuat untuk menyesuaikan pemberlakuan kurikulum 2013.  Selengkapnya mengenai   Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013  Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dapat Anda unduh melalui tautan di bawah ini:

Unduh PP Nomor 32 Tahun 2013

Tulisan Terkait

About these ads

Tentang Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 14 Mei 2013, in Pendidikan, Peraturan Perundangan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s