Mutakhirkan Data NUPTK Anda Atau Dinyatakan Tidak Aktif

logo kemdikbudPada tahun 2012 pemerintah pernah meminta kita Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) untuk melakukan pemutakhiran data dan sampai saat ini data NUPTK kita tidak pernah mutakhir. Kita tadak tahu prosedur tersebut mandek (berhenti) di mana. Pada tahun 2013 ini, lagi kita diminta untuk melakukan pemutakhiran data NUPTK kita adalah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP). Pemutakhiran data NUPTK tersebut wajib diikuti oleh PTK bila tidak diikuti maka NUPTK kita dinayatakan TIDAK AKTIF (Dulu tahun 2012 kita juga dianacam-anacam seperti itu).

Segala informasi mengenai pemutakhiran data NUPTK dapat dibaca di website resmi PADAMU NEGERI (Pangkalan Data Penjamin Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia), yaitu http://padamu.kemdikbud.go.id. PADAMU NEGERI dibangun sebagai pusat layanan data terpadu yang bersumber dari/ke sistem transaksional BPSMPK-PMP Kemdikbud lainnya, meliputi: Evaluasi Diri Sekolah (EDS), NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), Sertifikasi PTK, dan Diklat PTK.

Langkah-langkah pemutakhiran data NUPTK adalah dengan cara melakukan VERVAL (Verivikasi dan Validasi) data NUPTK yang prosedurnya dapat dilihat di http://padamu.kemdikbud.go.id/#alur.

MENGAPA HARUS VERVAL ULANG NUPTK 2013?

  1. NUPTK yang dikelola oleh PMPTK sejak tahun 2006 – 2010 kemudian dikelola oleh BPSDMPK-PMP sejak 2011 menjadi kode referensi utama untuk dapat mengikuti berbagai program pengembangan PTK yang dilaksanakan oleh Kemdikbud, antara lain: Sertifikasi, Uji Kompetensi, Diklat, dan Aneka Tunjangan PTK lainnya.
  2. BPSDMPK-PMP yang bertanggungjawab sepenuhnya terhadap pengelolaan NUPTK sangat berkepentingan melakukan VerVal Ulang NUPTK 2013 dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu pendidikan nasional khususnya para PTK.
  3. Dengan peran aktif PTK dalam melaksanakan program VerVal Ulang NUPTK periode 2013 ini. BPSDMPK-PMP dapat membantu progress penjaminan peningkatan mutu para PTK dengan lebih obyektif, transparan, akurat dan berkesinambungan.
  4. Data PTK hasil VerVal Ulang NUPTK yang dikelola oleh BPSDMPK-PMP akan menjadi sumber referensi utama untuk pelaksanaan program-program peningkatan mutu PTK yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemdikbud terkait pada tahapan selanjutnya.

APA MANFAAT BAGI PTK?

  1. Setiap PTK diberi akun login untuk dapat memutakhirkan data personal masing-masing setiap saat setiap waktu darimana saja secara online 24 jam.
  2. Setiap PTK akan diberi fasilitas media jejaring sosial untuk saling berbagi, berkomunikasi dan berkolaborasi antar PTK se-Indonesia.
  3. Setiap PTK akan memiliki Kartu Digital NUPTK yang uptodate di http://padamu.kemdikbud.go.id/kode_nuptk (dalam proses pengembangan)
  4. Setiap PTK akan diberi fasilitas ruang penyimpanan (storage) online untuk menyimpan beragam arsip dokumen secara digital seperti: Ijazah, Sertifikat, Piagam-Piagam, Surat Tugas, dan lain sebagainya (dalam proses pengembangan)

Tulisan Terkait

About these ads

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 15 Mei 2013, in Kabar Guru, Pendidikan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Muhammad Amed

    sampa kpan btas wktunya ?

  2. Disdik setempat belum ada konfirmasi kesegeraan verval ini, nunggu instruksi..

  1. Ping-balik: Mutakhirkan Data NUPTK Anda Atau Dinyatakan Tidak Aktif | nurkhakimtegal

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s