Manfaat Kartu Pegawai Elektronik (KPE)

KPEPada tanggal 16 – 17 Mei 2013 di Kabupaten Lombok Utara diadakan pengambilan foto untuk pembuatan KPE (Kartu Pegawai Elektronik). Rupanya sekarang ini jamannya elektronik, mulai dari surat elektronik (eMail), pembelajaran elektronik (eLearning), perpustakaan elektronok (eLibrary), KTP elektronik (eKTP), dan Kartu Pegawai Elektronik (KPE).

Penasaran dengan manfaat Kartu Pegawai Elektronik (KPE) saya mencoba googling untuk mencari informasi. Ternyata program KPE sudah dimulai sejak tahun 2008 yang digagas oleh BKN (Badan Kepegwaian Negara). Pelaksanaannya secara bertahap, sehingga tidak serentak untuk setiap daerah.

Pembuatan Kartu Pegawai Elektronik merupakan terobosan untuk meningkatkan pelayanan kepegawaian agar lebih efektif dan efesien.Penggunaan kartu pegawai elektronik diharapkan akan dapat memangkas berbagai birokrasi yang dapat mengurangi beban PNS dalam pengurusan administrasi kepegawaian dan layanan yang akan diperoleh akan menjadi lebih transparan dan objektif. Kartu pegawai elektronik dibuat menggunakan teknologi smart card sehingga dapat menjamin otentikasi sidik jari dan dapat dijadikan kartu identitas resmi PNS. Proses pengambilan gambar dan sidik jari dalam pembuatan KPE ini hampir sama dengan pembuatan Kartu Penduduk Elektronik (e KTP), karenanya pemerintah daerah melalukan penjadualan dalam pembuatannya agar semua PNS dapat terlayani dengan baik, dan tidak mengganggu tugas pegawai yang bersangkutan.

Manfaat KPE Bagi PNS :
1. Mendapatkan kepastian fasilitas ASKES yang diperoleh;
2. Mendapat kepastian besarnya tunjangan hari tua yang akan diperoleh dari Taspen;
3. Dapat mengetahui profil dan updating data kepegawaian melalui KPE;
4. Dapat mengetahui fasilitas bantuan Taperum;
5. Mendapatkan kemudahan dalam pelayanan transaksi bank dan pembayaran gaji;
6. Meningkatkan kesejahteraan PNS melalui cash back penggunaan KPE dalam transaksi di merchant;
7. Dapat memanfaatkan anjungan KPE (e-Kios) yang tersedia di kantor PNS untuk berbagai macam transaksi yang pada gilirannya akan meningkatkan jam kerja produktif PNS;
8. KPE tidak membebani PNS, tetapi sebaliknya memberikan kemudahan.

Sumber: http://sinma68.blogspot.com/2012/05/manfaat-kartu-pns-elektronik-kpe.html

About these ads

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 20 Mei 2013, in Info Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Subahanallah, Kartu Pegawai Eletronik memiliki banyak manfaat. Apakah bisa difotocopy ya??? Apakah kelemahannya mirip dengan KTP Elektronik ???? Kalau memang demikian, apakah tidak ada solusinya ???????????

  2. di tempat kami jg sdg dilakukan pengambilan foto dan sidik jari utk KPE. semoga bermanfaat. waktu yg diperlukan utk melayani seluruh PNS pada SKPD kami adalah 12 hari, makulm banyak sekali. hehehe

  3. Bagi teman-teman yang belum melakukan pengambilan foto dan sidik jari.kapan di jadwalkan? saya belum buat.tolong informasi.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s