Menggambar Grafik Menggunakan Microsoft Word

Grafik adalah salah satu materi Matematika yang diajarkan baik di jenjang SMP maupun SMA. Misal di SMP ada materi persamaan garis lurus dan fungsi. Kedua materi ini sangat berkaitan dengan grafik. Di SMA ada materi lingkaran, fungsi kuadrat, dan kalkulus. Materi ini juga berkaitan dengan grafik. Menggambar grafik secara manual kadang memerlukan waktu yang cukup lama. Apalagi bila kita membuat bahan ajar tentang grafik, bila kita hanya mengandalkan fungsu dasar dari Microsoft Word maka menggambar 1 grafi bisa memerlukan 1 jam. Untuk itulah kita memerlukan software atau aplikasi untuk menggambar grafik. Ada beberapa Software atau aplikasi yang dapat kita gunakana untuk menggambar grafik, diantaranya adalah Winplot dan Geogebra. Tahukah Anda bahwa ternyata Microsoft itu juga dapat kita gunakan untuk menggambar grafik?

Ternyata Microsoft juga mempunyai fasilitas untuk menggambar grafik, akan tetapi harus diunduh software pendukungnya, yang disebut Microsoft Math. Software ini juga dikembangkan oleh Microsoft yang dapat diunduh gratis. Microsoft Math nantinya setelah kita install otomatis akan terintegrasi dengan Microsoft Word, yaitu akan muncul menu baru yang dinamakan Mathematics. Silakan Anda unduh di TAUTAN INI.

Langkah-langkag Menggambar Grafik Menggunakan Microsoft Word

  1. Dengan equation editor, ketiklah persamaan grafiknya, misal 
  2. Blok persamaan grafik tersebut dan klik menu Mathematics/Graph dan pilih yang Plot in 2D
  3. Muncullah garfik seperti dibawah ini dan selanjutnya klik insert maka otomatis grafik masuk ke tulisan Anda. Selamat Mencoba

Iklan

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 20 September 2011, in EduSoft, Software Matematika and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. bagaimana caranya pake pak. kenapa menunya tidak berfungsi atau penulisan persamaannya yang salah?

  1. Ping-balik: Pix Builder Studio, Alternatif Pengolah Photo Selain Photoshop « SAHABAT PEMBELAJAR

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s