Begitu Cepat dan Mudahnya Membuat Website ELearning

Di era digital seperti saat ini pembelejaran tidak harus dengan tatap muka. Kita bisa memanfaatkan teknologi untuk menunjang pembelajaran.  Salah satunya adalah dengan menggunakan website elearnig (electronic learning). Dengan Elearning pembelajaran menjadi tidak terbatas pada waktu dan ruang. Belajar bisa kapan dan di mana saja. 

Membangun website elearning, kita dapat memanfaatkan LMS (Learning Managemen System). LMS yang paling banyak digunakan adalah Moodle. Biasanya untuk membangun website Elearning kita memerlukan hosting baik yang berbayar maupun yang free. Namun untuk hosting yang free nampaknya kita akan mengalami kesulitan, karena biasanya pada hosting free tidak didukung oleh Install otomatis. Ukuran LMS Moodle cukup besar yaitu sekitar 110 MB. Bila kita install manual tentu kesulitan mengupload ukuran file yang begitu besar. Kalau pun ada install otomatis belum tentu tersedia LMS Moodle.

Alternatifnya adalah kita harus mempunyai hosting berbayar. Namun bila kita tidak cukup dana untuk membeli hosting, kita biasa menggunakan layanan gratis yang disediakan oleh gnomio.com. Dengan layanan ini membuat website Elearning menjadi sangat cepat dan mudah, hanya membutuhkan beberapa menit dan cukup 3 langkah.

Berikut ini akan saya jelaskan 3 langkah membangun website Elearning dengan gnomio:

  1. Buka gnomio.com 
  2. ketik nama website elerning yang Anda inginkan, email Anda, dan masukkan security code pada kotak yang tersedia, dan klik activate your site 
  3. Buka email Anda untuk mengetahui account Anda (username dan password) yang diberikan oleh gnomio. Biasanya untuk login diberikan username admin
Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 3 Desember 2011, in IT, Trik N Tips and tagged , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. Bagaimana mengelolanya pa?

  2. Sunarto H. Yusuf

    Ass. Wr. Wb. Yth, Bapak Fatur Thok
    Saya ingin sekali mencoba bekerja menggunakan e-learning, tapi saya agak kesulitan untuk menggunakan aplikasi. Gimana caranya, ya Pak?

    • Membangun Elearning berbasis moodle memanga agak sulit karena banyakknya fasilitas. Saya sarankan Elearning menggunakan Schoology, fiturnya sudah sangat memadai untuk elearning sekolah. Penggunaannya sangat mudah.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s