Menggunakan Hot Potatoes Di Moodle Versi 2.x

Di era TIK saat ini pembelajaran dapat dilakukan tanpa harus tatap muka dengan guru, yaitu dengan menggunakan pembelajaran elektronik (elearning). Untuk itu harus dibangun website yang disebut elearning. Banyak LMS (Learning Management System) yang dapat kita gunakan baik gratis maupun berbayar. Dari sekian LMS yang paling banyak digunakan adalah Moodle. Dua content yang paling penting dalam website elearning, yaitu BaBu (Bahan Ajar dab Bahan Uji).

Kali ini kita akan mengupas mengenai Hot Potatoes, yaitu software khusus yang digunakan untuk membuat soal digital. Kelebihan Hot Potatoes adalah dapat diintegrasikan dengan moodle. Pada moodle versi sebelum 2.x langsung ada fasilitas ini di moodle. Namun pada versi 2.x, untuk dapat mengintegrasikan Hot Potatoes kita harus mengunduh module hot potatoes.

Langkah-langkah instalasi Module Hot Potatoes:

1. Download Module Hot Potatoes

2. Ekstrak Module setelah berhasil didownload. Maka akan terdapat dua folder yaitu mod dan question

3. Di dalam folder mod ada lagi folder hotpot. Salin (copy) folder hotpot ini kedalam webserver (misal XAMPP). Cari di mana moodle diinstall, kemudian cari folder mod, selanjutnya paste folder hotpot di folder mod ini.

4. Di dalam folder question ada lagi folder format. Di dalam folder format ada folder hotpot. Copy folder hotpot ini ke dalam folder di mana moodle diinstall. Cari folder question/format dan paste folder hotpot yang sudah dicopy pada folder ini.

5. Login ke moodle sebagai administrator dan akan menemukan pemberitahuan untuk instalasi module.

6. Ikuti langkah-langkah intalasi module hot potatoes.

7. Hot Potatoes siap digunakan

Iklan

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 18 Desember 2011, in IT, Trik N Tips and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. kalo moodlenya sdh didaftarkan di webhosting yg autoinstal, gimana cara memasukkan hot potatesnya, trims

    • Caranya ya ikuti saja langkah-langkah pada tulisan ini. Kan sudah rinci langkah-langkahnya dan yang perlu diperhatikan folder-folder di hosting online. Folder di hosting online dan hosting lokal (server lokal) tentu sama. Tinggal ini aja disesuaikan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s