Dropbox Menyimpan dan Berbagi File Online Mudah dan Sederhana

Banyak kasus file kita tidak bisa terselamatkan dari komputer atau laptop, karena sistem komputer atau laptop tiba-tiba rusak. Oleh sebab itu menjadi penting kita menyimpan file secara online, terutama file-file yang kita anggap penting. Saat ini banyak sekali situs yang menyediakan layanan penyimpanan file secara online baik yang gratis maupun yang berbayar. Tidak usahlah kita pilih yang berbayar, karena ada yang gratis tapi fiturnya sangat memuaskan, misalnya dropbox. Salah satu keunggulan dropbox adalah tanpa harus menunggu ketika download dan tampilan sederhana sehingga mudah dioperasikan, seperti kita mengelola file manager di komputer.

Dropbox mendukung semua jenis file untuk di upload seperti layaknya explorer yang setiap kali kita buka saat ingin melihat file atau dokumen. Dropbox merupakan salah satu aplikasi cloud computing yang digunakan untuk menyimpan, mengakses dan berbagi dokumen kapanpun dimanapun berdasarkan sinkronisasi folder di komputer Anda dengan folder yang Anda di akun Dropbox (asalkan ada koneksi internet tentunya). Dengan mempunyai akun dropbox Anda akan mendapatkan media penyimpanan di internet sebesar 2GB gratis. Ini sama dengan rata-rata 500 lagu MP3 kualitas tinggi, atau 2000 lebih dokumen Word pada umumnya, atau 2000 lebih dokumen file PDF.

Keunggulan Dropbox

  1. Berbagi file atau dokumen secara publik bisa di akses setiap orang atau terpilih untuk orang-orang tertentu
  2. Tidak ada batasan maksimum file yang di upload menggunakan aplikasi desktop dan hanya dibatasi 300MB jika waktu upload menggunakan aplikasi website dropbox (artinya setiap file maksimal berukuran 300MB dengan jumlah file yang tidak terbatas). Hanya dibatasi oleh jenis akun, dalam hal ini 2GB jika gratis secara default atau 8GB gratis jika merekomendasikan ke orang lain untuk menggunakan dropbox seperti yang saya lakukan sekarang ini. Jika 8 giga masih kurang Anda bisa menambah itu sampai 16 giga dengan menggunakan email dari website sekolah (.edu, .ac.id, .sch.id atau lainnya), misalnya mail@sman1tanjung.sch.id
  3. Tidak ada pembatasan jenis file atau format file. Entah itu CDR, avi, mkv, wmv, Ai, RAR, ZIP, 7ZIP, PSD, ataupun lainnya.
  4. Bisa upload file via email
  5. Didukung direct download atau bisa di download langsung tanpa ada verifikasi huruf dan sebagainya. Ini juga berarti bisa digunakan sebagai host gambar yang diakses langsung melalui website.
  6. Didukung oleh website host terkenal seperti fileserve dan sebagainya. Dengan fasilitas ini Anda tidak perlu upload file dua kali jika sudah ada di dropbox Anda tinggal menghubungkannya ke akun file host.
  7. Gratis. Ya gratis 2GB langsung setelah Anda mendaftar. Bahkan sampai 8 giga jika Anda merekomendasikan ke teman-teman Anda. Per rekomendasi Anda akan di beri gratis 250MB
  8. Sudah dipakai oleh banyak orang yang akan memeprmudah Anda dalam proses berbagi file terutama klien.
  9. Anda bisa mengakses akun dropbox demikian pula filenya dimana saja kapan saja cukup dengan login ke website dropbox melalui PC, laptop atau gadget / mobile phone Anda. Kini software dropbox untuk gadget sudah banyak termasuk iphone, windows mobile, iPod Touch, android, blackberry dan hampir semua gadget yang ada OS nya. Untuk perangkat mobile lain, cukup mengaksesnya melalui browser di http://m.dropbox.com.
  10. Software dropbox bisa diinstall di berbagai Sistem Operasi (OS) seperti Mac OS, Windows atau Linux, serta perangkat mobile seperti iPhone, iPad, iPod Touch dan Android.
  11. File tidak akan pernah dihapus oleh dropbox meskipun sudah tidak lagi diakses dalam waktu lama.
  12. Gampangnya, menggunakan dropbox menambah produktifitas desainer dengan cara mempercepat waktu upload download sinkronisasi, mengurangi biaya (tidak harus beli akun host file), memudahkan klien akses data yang biasanya berukuran besar dan lain sebagainya.

Mendaftar di Dropbox

  1. Masuk ke halaman website dropbox atau klik disini
  2. Isi formulir sign-up atau registrasi
  3. Download langsung software dropbox uktuk aktivasi akun
  4. Install langsung juga software dropbox
  5. Masukkan identitas akun dropbox Anda sesuai pada saat Anda mendaftar
  6. Atur dan sinkronisasi folder di komputer Anda
  7. Dropbox sudah siap dipakai

Sebelum file Anda tidak terselamatkan dari komputer maka simpan file penting Anda di dropbox

Tulisan Terkait

Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 16 Mei 2012, in IT, Layanan Online and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s