Menyoal Menghilangnya TIK Dari Kurikulum 2013

k2013Walaupun kurikulum 2013 masih berupa draft, namun hampir dapat dipastikan bahwa mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) akan hilang dari Kurikulum 2013. Sebenarnya sih kurang tepat bila dikatakan hilang, yang benar tepat adalah pada Kurikulum 2013, TIK bukan sebagai mata pelajaran, tetapi sebagai alat, sehingga tuntutannya TIK harus terintegrasi dengan semua mata pelajaran.

Bagaimana cara mengintegrasikan? Banyak cara sih, misal guru menggunakan TIK dalam pembelajaran, menggunakan e-Learning,  media sosial dan blog  dalam pembelajaran,  menugaskan siswa mencari bahan ajar di internet, menginstruksikan membuat makalah dengan cara diketik pakai komputer, dan lain sebagainya. 

Setiap kebijakan tentu akan membawa dampak, termasuk integrasinya TIK dengan semua mata pelajaran juga membawa dampak baik dampak positif maupun dampak negatif. Salah satu dampak positifnya adalah guru akan semakin terdorong untuk menguasai TIK. Salah satu dampak negatifnya adalah “hilangnya ladang” bagi guru TIK. Namun saya berharap pemerintah sudah menyiapkan solusinya biar guru TIK, terutama yang sudah mengantongi sertifikat pendidik di bidang TIK tidak dirugikan. Jadi kita berpikir positif saja, mudah-mudahan dengan diberlakukannya Kurikulum baru, Kurikulum 2013 akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Kurang bijak rasanya kita terlalu banyak menilai sesuatu yang belum dilaksanakan.

Tulisan Terkait

Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 3 Maret 2013, in Kurikulum, Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Moga2 saja tetap akan ada solusi bagi rekan2 guru TIK entah itu nantinya sebagai pembimbing siswa seperti layaknya BK dalam hal TI atau mungkin sebagai pembimbing sesama guru…

    Salam

  2. Terima kasih Pak Ibnu Fajar telah mampir ke blog saya

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s