Jumlah Sekolah Sasaran Kurikulum 2013 Berkurang

k2013Jakarta — Kurikulum 2013 tetap akan dilaksanakan sesuai rencana pada tahun pelajaran 2013/2014. Penerapannya dengan menggunakan pendekatan bertahap dan terbatas. Bertahap artinya kurikulum ini tidak diterapkan di semua kelas di setiap jenjang, melainkan di kelas 1 dan kelas 4 untuk SD, kelas VII untuk SMP, dan kelas X untuk SMA dan SMK. Dan terbatas diartikan bahwa jumlah sekolah yang melaksanakannya disesuaikan dengan sumber daya yang ada. Adapun jumlah sekolah sasaran yang akan menerapkan kurikulum 2013 adalah sebagai berikut:.

Jenjang Jumlah Sekolah Jumlah Sekolah Yang Menerapkan Persentase
SD 148,000 7,458 5%
SMP/MTs 36,857 2,580 7%
SMA/MA 11,572 11,572 100%
SMK 10,685 10,685 100%

“SMA dan SMK seratus persen karena ada perubahan dari pendekatan penjurusan,” ujar mantan Menkominfo tersebut.

Mendikbud menjelaskan, perubahan jumlah sekolah ini dipengaruhi dengan keputusan untuk tidak menggunakan dana anggaran khusus (DAK) yang menginduk pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).  “Jadi sekarang murni pakai anggaran yang ada di kementerian. Anggaran itu kan terkait size, jd biaya ikut size. Kita realistis saja,” terangnya.

Adapun kriteria pemilihan sekolah yang dilakukan adalah dengan pendekatan faktor sukses sekolah tersebut. Tidak hanya sekolah negeri, sekolah swasta yang dipilih merupakan sekolah yang dianggap siap. Faktor kesiapan tersebut salah satunya dinilai dengan akreditasi. “Pemilihan dengan kriteria tersebut adalah wajar, untuk menumbuhkan kepercayaan diri,” katanya.

Mendikbud hari ini telah melaporkan kepada Wakil Presiden Boediono tentang perkembangan persiapan implementasi kurikulum 2013. Nuh mengatakan, Wapres meminta agar persiapan tetap dilaksanakan dengan baik. Dan untuk teknis pengurangan jumlah sekolah ini diserahkan sepenuhnya ke Kemdikbud.

Tulisan Terkait

Sumber: http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1218

Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 13 April 2013, in Kurikulum and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. informasinya sangat berguna bagi pendidik dan tenaga pendidikan disatuan pendidikan yang haus akan informasi terkini sputar perkembangan dunia pendidikan dan perkembangan kurikulum di Indonesia, terimkasih

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s