Membuat Dokumen Menggunakan LYX

Logo LYXMembuat dokumen dengan MS Word merupakan hal biasa. Seperti yang telah kita ketahui MS Word bersifat WYSIWYG (What You See Is What You Get). Memang inilah andalan MS Word dan aplikasi office lainnya. Adakah aplikasi pengola kata yang tidak bersifat WYSIWYG. Tentu ada, yaitu penulisan dokumen dengan LaTeX. Menulis dokumen dengan LaTex bagi sebagian orang menyulitkan, namun bagi yang sudah terbiasa maka membuat dokumen dengan LaTeX terasa lebih mudah dari pada membuat dokumen dengan aplikasi office.

Mengapa membuat dokumen dengan LaTeX terasa menyulitakan bagi sebagian orang? Karena menulis dokumen dengan LaTeX selalu disertai dengan perintah-perintah tertentu dan perintah tertentu itu harus ditulis secara manual. Misal mau menulis dokumen, harus diawali dengan perintah \begin{document} dan diakhiri dengan \end{document}. Namun menulis dokumen dengan LaTeX mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi office, dianataranya adalah hasil cetakan yang sangat baik dan format penulisan yang sangat baik dan terstandar. Oleh karena itu LaTeX sangat bagus untuk menulis dokumen berupa buku, laporan penelitian, misal skripsi, tesis atau disertasi.

Perbedaan yang mencolok antara aplikasi office dan LaTeX adalah: Bila menggunakan aplikasi office maka ada 2 hal yang kita kerjakan yaitu content (isi) tulisan dan format tulisan, yaitu pengaturan paragraf, pengaturan halaman, pengaturan ukuran kertas, pengaturan ukuran font, penomoran bab dan sub bab, pengaturan perataan (kiri, kanan, tengah), dan lain-lain. Sedangkan bila menggunakan LaTeX cuma 1 hal yang kita kerjakan yaitu hanya Content tulisan, sedangkan format tulisan secara otomatis dikerjakan oleh LaTeX dan foramatnya sudah terstandar. Dengan demikian tampilan dokumen yang dibuat dengan aplikasi LaTeX terlihat sangat profesional.

Namun masalahnya kita direpotkan dengan menulis perintah-perintah secara manual yang mungkin tidak kita hafal. Namun, jangan khawatir banyak kok aplikasi LaTeX yang tidak harus menuliskan perintah-perintah tersebut, yaitu LYX. Aplikasi ini walaupun gratis dan open sourse namun kemampuannya sangat luar biasa. LYX banyak digunakan oleh kalangan akademisi, terutama untuk menulis buku, laporan penelitian, artikel ilmiah dan lain-lain. Bila aplikasi office bersifar WYSIWYG, LYX bersifat WYSIWYM (What You See Is What You Mean = Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda maksud).

Mengunduh LYX

LYX dapat diunduh secara gratis melalui website resminya http://www.lyx.org/Download. Ukuran filenya cukup besar yaitu sekitar 200 MB. Ketika artikel ini saya tulis LYX sampai pada versi 2.0.6. LYX bisa berjalan di semua sistem operasi termasuk Windows.

Panduan Penggunaan LYX

Sudah banyak panduan penggunaan LYX dan itu semua dapat Anda dapatkan gratis di internet. Bila Anda seorang penulis (apapun) atau sedang menyiapkan laporan penelitian tidak ada salahnya Anda mencoba LYX. Berikut ini saya berikan tautan unduhan panduan penggunaan LYX. Di tautan tersebut berisi banyak ebook tentang panduan LYX.

Unduh Panduan Penggunaan LYX

Tulisan Terkait

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 12 Mei 2013, in IT and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Saya pernah Pak pake aplikasi ini. Tapi karena sekarang jarang menggunakannya jadi lupa disimpen dimana mentahannya. Makasih niy udah ngasih link downloadnya. 🙂

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s