Buku Panduan LyX Untuk Pemula

Cover_Depan_LyX-PemulaLyX adalah aplikasi pengolah kata yan sangat baik digunakan untuk penulisan dokumen ilimiah, seperti laporan hasil penelitian, skripsi, tesis, dan lain-lain. LyX menganut konsep WYSIWYM (What You See Is What You Mean). Tidak seperti aplikasi office (MS Word misalnya) yang menganut WYSIWYG (What You See Is What You Get), artinya dengan konsep ini, pengguna akan memperoleh hasil ouput yang tampilan akhirnya sama persis seperti yang terpampang di layar monitor komputer. LyX dikembangkan berbasis bahasa LaTeX, namun kita tidak perlu mengerti LateX untuk menngunakan LyX, seperti halnya kita tidak perlu mengerti bahasa HTML untuk membuat website (misalnya menggunakan CMS WordPress).

Secara sadar atau tidak, konsep -WYSIWYG- itu kerap membuat penggunanya bekerja ekstra. Untuk memperoleh dokumen berpenampilan baik, pengguna harus mengeksplorasi berbagai menu maupun tombol yang disajikan oleh program. Contohnya, ketika harus mengatur tulisan BAB 1 dengan pengaturan : Format Rata Tengah, jenis huruf Times New Roman (Ukuran huruf 14 dan cetak tebal) dan tidak lupa untuk memberikan penomoran halaman untuk setiap bab baru berada di bawah halaman pada posisi tengah. Dengan aturan- aturan seperti itu, berarti pengguna harus menempuh langkah- langkah berikut ini :
1. Membuat tulisan BAB 1.
2. Blok Kalimat BAB 1, kemudian pilih jenis font : Times New Roman.
3. Pilih ukuran font : 14 Point.
4. Klik pada icon Bold agar font tercetak tebal.
5. Kemudian, klik icon Center alignment agar tulisan BAB 1menjadi Rata Tengah.
6. Untuk memberikan penomoran halaman, harus mengerjakan langkah- langkah seperti berikut :

  • ˆ Pilih menu Insert  Page Numbers.
  • ˆ Pada bagian Position, pilih opsi Bottom of Page (Footer).
  • ˆ Pada bagian Alignment pilih opsi Center.
  • ˆ Tidak lupa juga, untuk memberi tanda centang  pada bagian Show number on rst page.
  • Pilih tombol OK untuk mengaktifkan penomoran halaman tersebut.

Coba perhatikan, begitu banyak waktu yang dihabiskan hanya untuk membuat sebuah pengaturan tentang judul yang berbunyi BAB 1 tersebut. Jika sekedar membuat naskah pendek, kerumitan belum akan terasa. Tapi, bagaimana jika harus membuat sebuah dokumen skripsi yang beratus- ratus halaman dan membutuhkan konsistensi dalam tampilannya ?!. Keadaan akan sangat berbeda dan kompleksitas dokumen menjadi sulit ditangani. Pada kasus seperti ini, pengolah kata WYSIWYG tak lagi menjadi teman yang ramah.

Aplikasi LyX dapat dijalankan diberbagai jenis sistem operasi ini akan benar- benar terasa manfaatnya saat dipakai untuk menyusun dokumen tebal, seperti manual teknis, ataupun semacam novel.

Oleh karena LyX ini jarang digunakan mungkin Anda membutuhkan buku panduan LyX, dan itu dapat diunduh gratis melalui blog ini, dengan klik tautan di bawah ini.

Unduh Panduan LyX Untuk Pemula

Tautan 1

Tautan 2

Tulisan Terkait

Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 13 Mei 2013, in IT and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Sayang tidak ada tombol Like di sini.

    Saya suka LaTeX dan saat ini saya menggunakan Texmaker untuk menulis. Saya belum menggunakan LyX (walaupun saya menggunakan saudara kandungnya LyX, KDE). Saya tidak tahu ada buku LyX sebagus ini dalam Bahasa Indonesia. Saya senang di dalamnya saya melihat skrinsot Ubuntu. Dan saya senang sekali menemukan blog akang, yang ternyata di dalamnya berbicara juga mengenai LyX dan LaTeX. Terima kasih.

  1. Ping-balik: Jatuh Cinta pada LyX | Di sini Cisini, di situ Cisitu

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s