Meluruskan Salah Persepsi Mengenai Bidikmisi

BM

Tulisan ini berawal dari pertanyaan siswa setelah diumumkan hasil seleksi SNMPTN 2013, yaitu: “Pak kapan diumumkan Bidikmisi”. Sebenarnya saya sudah bisa menjawab pertanyaan tersebut. Namun supaya lebih meyakinkan maka saya langsung menanyakan ke pusat bantuan Bidikmisi. Pertanyaan saya berbunyi: “Kapan pengumuman diterimanya BIDIK MISI”. Setelah beberap hari dijawablah pertanyaan saya tersebut. Berikut ini jawaban dari pusar bantuan Bidikmisi

Salam, terima kasih sudah menghubungi kami Yth Fatur.
Perlu diingat bahwa bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, bukan seleksi masuk sehingga mahasiswa dikatakan merupakan penerima Bidikmisi setelah lulus seleksi masuk dan diverifikasi kelayakannya sebagai penerima Bidikmisi

Sebagai pelamar Bidikmisi setiap peserta ditangguhkan kewajibannya dari biaya pendaftaran dan pendaftaran ulang seleksi masuk PT terkait. Jika ternyata pelamar Bidikmisi memalsu data / sengaja mencantumkan data yang tidak benar bisa diberikan SANKSI berupa PEMBATALAN kelulusan seleksi masuk

Dari penjelasan tersebut pengumuman Bidikmisi tidak ada tanggal tertentu seperti halanya pengumuman hasil seleksi SNMPTN. jadi ketika daftar ulang calon mahasiswa baru diberikan perlakuan yang berbeda dengan calon mahasiswa baru yang tidak mengajukan Bidikmisi, dengan syarat dia harus membawa dokumen-dokumen yang diperlukan yaitu kartu keluarga, keterangan penghasilan orang tua atau keterangan tidak mampu, photopeserta bersama keluarga di depan rumah 1 lembar ukuran 3R, kopy rekening listrik bulan terakhir dan  kopy bukti pembayaran PBB.

Perlakuan khusus itu adalah peserta ditangguhkan kewajibannya dari biaya pendaftaran dan pendaftaran ulang seleksi masuk PT terkait. 

Setelah diverifikasi dokmen-dokumen tersebut valid dengan mempertimbangkan kuota yang ada maka pemohon Bidikmisi diterima dan mendapatkan beasiswa. Selanjutnya biaya yang ditangguhkan tadi harus dilunasi.

Selama ada yang beranggapan bahwa BIDIKMSI merupakan salah satu jalur seleksi masuk PTN. Ini merupakan salah persepsi. Bidikmisi bukan merupakan jalur seleksi masuk PTN, tetapi  bantuan biaya pendidikan di Perguruan Tinggi, yanga mana setiap peserta seleksi masuk PTN boleh mengajukan asalkan memenuhi syarat.  Untuk tahun 2013 hanya ada 3 jalur seleksi masuk PTN, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Jadi sudah tidak ada lagi jalur UNDANGAN seperti tahun 2012.

Tulisan Terkait

Iklan

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 3 Juni 2013, in Info PTN, SNMPTN and tagged , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Kalau persyaratan bidik misi tentang nilai rapor yang harus selalu naik gimana ? itu apakah satu persatu nilai rata ratanya ?

  2. Gak ada ketentuan nilai harus naik untuk mengikuti bidik misi

  3. Assalammu’alaikum
    Bagaimana mengenai nilai rapor yang harus selalu naik? salah satu situs mengatakan bahwa peserta bidikmisi harus memiliki prestasi diluar akademik,sedangkan saya hanya memiliki prestasi akademik,mungkinkah saya bisa menerima beasiswa itu? mohon dijawab terimakasih 😉

  4. saya mahasiswa bidikmisi 🙂

  5. kenapa web site bidikmisi.dikti.go.id tidak bisa masuk, padahal saya sudah samapai seleksi SNMPTN untuk mendapatkan pin dan kap ?

  6. apakah benar pendaftaran seleksi SNMPTN bidikmisi di undur menjadi tanggal 13 maret 2015 hari jum’at ?

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s