Surat Edaran Palsu Dikti Mengenai Seleksi Masuk PTN Jalur Khusus

Seperti kita ketahui bersama bahwa tahun ini 2013 seleksi masuk PTN ada 3 jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Beberapa hari yang lalu sekolah saya SMAN 1 Tanjung menerima email yang pengirimnya mengatasnamakan Dikti Kemdikbud, yang isinya adalah seleksi masuk PTN melalui jalur khusus. Di email tersebut ada 4 lampiran, yaitu surat edaran dari dirjen DIKTI, surat edaran Dirjen DIKMEN, Formulir Pendaftaran Seleksi Masuk Jalur Khusus dan Formulir yang harus diisi oleh sekolah. Seluruh lampiran tersebut dapat diunduh di sini

Berikut saya tampilkan salah satu lampiran yang berupa surat edaran Dirjen DIKTI

edaran dikti palsu

Perhatikan dengan seksama surat edaran tersebut! Terdapat beberapa kejanggalan pada surat edaran tersebut, hingga saya menduga kuat bahwa surat edaran tersebut adalah PALSU, yaitu:

1. Nama Kementrian Pendidikan Nasional pada kop surat itu adalah salah, karena yang benar adalah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

2. Laman: dikti.kemendiknas.go.id. Tidak ada domain yang bernama kemendiknas.go.id yang ada kemdiknas.go.id

3. Nomot Telpon pada kop surat Telp: 021-57946100 (HUNTING), yang benar adalah Telp: (021) 57946105. Nomor telpon yang benar ada di laman resmi Dirjen Dikti di bagian kanan bawah

4. Pengirim email tersebut adalah: ppkb.dikti@yahoo.co.id. Perhatikan domain email menggunakan gratisan yahoo, padahal Dirjen Dikti mempunyai email resmi dikti@dikti.go.id. (domain sendiri). email resmi ini dapat dilihat di laman resmi Dirjen Dikti di bagian kanan bawah.

5. Stempel surat dibuat dengan aplikasi pengolah gambar. Perhatikan “kesempurnaan” stempel.

Saya sedang mengirim emal ke Dirjen Dikti untuk memastikan KEPALSUAN surat edaran tersebut. Bagi sekolah yang mendapat email serupa jangan buru-buru dipercaya.

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 6 Juni 2013, in SBMPTN, SNMPTN and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s