Rangkuman Materi Diklat Implementasi Kurikulum 2013
Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 telah selesai dilaksanakan, pemahaman masing-masing instruktur nasional, guru inti,kepala sekolah dan guru sasaran tidak semuanya sama. Beberapa persepsi yang berbeda mengalir di sekolah masing-masing. Kondisi ini sedikit banyak menimbulkan beberapa pertanyaan yang tidak bertepi dan dapat menjadi resistansi berkelanjutan terhadap implementasi Kurikulum 2013. Dalam kesempatan ini saya mencoba membuat resume atas beberapa pertanyaan yang berkembang selama ini, dimana saya mulai dengan memberikan gambaran konsep inti Kurikulum 2013 diantaranya :
- Bahwa Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu: sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi
- Ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa”.
- Ranah keterampilan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”.
- Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.”
- Dimana hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, (Observing) menanya (Questioning), menalar (Associating) , mencoba (Experimenting) membentuk jejaring (Networking) untuk semua mata pelajaran.
Dengan demikian Implementasi Kurikulum 2013 disekolah SMA/SMK yang benar-benar murni menggunakan Kurikulum 2013 hanya 3 Mata Pelajaran yaitu Matematika, Sejarah Indonesia dan Bahasa Indonesia. Selain ke 3 Mata Pelajaran tersebut sekolah MASIH TETAP menggunakan KTSP namun dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dan Integrasi Ke-3 Ranah..
Jadi yang perlu serius digarap oleh sekolah sekarang ini baik yang menjadi sekolah sasaran atau tidak, adalah mengubah paradigm guru untuk mengadopsi model pembelajaran menuju kearah penguatan sikap, ketrapilan dan pengetahuan yang terintegrasi dengan Scientific Approach terhadap mata pelajaran masing.-masing dengan mulai melakukan perubahan pada Silabus dan RPP yang ada di KTSP serta mengimplementasikan dalam pembelajaran di kelas.
Khusus untuk SMK, salah satu acuan baku yang bisa dipakai pegangan dalam Implementasi Kurikulum 2013 adalah Permendikbud 70/2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MA Kejuruan. Pada Permen ini tertuang mata pelajaran dari Kelompok A, B dan C (C1). Masalah mulai timbul, karena beberapa sekolah sudah harus menyusul Jadwal Pelajaran 1 Tahun, sedangkan Kelomok C2 dan C3 belum ada tertulis matapelajaran apa yang harus diajarkan. Untuk diketahui Kelompok C (Peminatan) berisi C1 (Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian), C2 (Kelompok Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian) dan C3 (Kelompok Mata Pelajaran Paket Keahlian). Khusus Kelompok C2 dan C3 akan ditetapkan oleh Direjn Pendidikan Menengah.
Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk menjadi solusi dalam menyikapi belum keluarnya ketetapan untuk C2 dan C3, dari hasil diklat Implementasi Kurikulum 2013, beberapa inovasi diberikan oleh narasumber diantaranya, pertama sepanjang C2 dan C3 belum ditetapkan maka sekolah dapat mengisinya dengan menggunakan matapelajaran produktif dari KTSP, dan yang kedua adalah memberikan draft struktur yang memang belum ditetapkan untuk dapat digunakan sebagai acuan penyusunan. Kedua solusi itu bagus untuk mempercepat penyusunan jadwal namun mubasir dan melelahkan (terutama perdebatan yang timbul saat penyusunan di tingkat sekolah). Contohnya untuk solusi kedua, dimana dinamikan yang timbul dari penentuan C2, sekarang ini telah ada penambahan mata pelajaran Simulasi Digital 3 jam/minggu untuk klas X, sehingga draft yang ada juga tidak bisa digunakan secara pasti sebelum ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Menengah.
Alternatif yang terbaik adalah menuggu ketetapan yang akan dikeluarkan, karena proses penyusunan sampai dengan silabus telah dilaksanakan di P4TK dan sekarang ini tinggal finalisasi di Direktorat PSMK. Sedangkan untuk menyiasati penyusunan jadwal, maka C3 tidak perlu dibuat dulu, karena matapelajaran ini akan diajarkan Kelas XI, sedangkan C2 dari 48 Jam yang diamanatkan, 30 jam telah ada ditetapkan mapelnya sesuai dengan Pemendikbud 70/2013, tinggal 18 jam yang belum, dimana dengan menggunakan sistem blok 18 jam ini mungkin bisa diletakan di semester genap (semester 2). Untuk materi selain 3 mapel (bahasa indonesia, sejarah indonesia dan metematika), materinya belum disusun dan ditetapkan oleh kemendikbud, maka materi masih menggunakan KTSP dengan perubahan paradigma pada model pembelajarannya yaitu Integrasi 3 ranah dan Scientific Approach.
Berikut Power Point Untuk Pendalaman Immplentasi Kurikulum 2013
No. | Kelompok | Mata Pelajaran | Materi | Unduh |
1. | Umum | Umum | Perubahan Mindeset ( Rhenald Kasali) | Unduh |
2. | Umum | Umum | Perubahan Minset | Unduh |
3. | Umum | Umum | Rasional Kurikulum 2013 | Unduh |
4. | Umum | Umum | Elemen Perubahan Kurikulum 2013 | Unduh |
5. | Umum | Umum | SKL KI-KD | Unduh |
6. | Umum | Umum | Strategi Implementasi Kurikulum | Unduh |
7. | Umum | Umum | Konsep Pendekatan Scientific | Unduh |
8. | Umum | Umum | Project Base Learning | Unduh |
9. | Umum | Umum | Problem Base Learning | Unduh |
10. | Umum | Umum | Discovery Learning | Unduh |
11. | Umum | Umum | Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan Hasi | Unduh |
12. | Umum | Umum | Anaslisi Buku Guru dan Siswa Mapel | Unduh |
13. | Umum | Umum | Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik | Unduh |
14. | Umum | Umum | Rambu Rambu Penyusunan RPP | Unduh |
15. | Umum | Umum | Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik | Unduh |
16. | Umum | Umum | Panduan Tugas Telah RPP | Unduh |
17. | Umum | Umum | Panduan Tugas Analisis Rancangan Penilaian | Unduh |
18. | Umum | Umum | Strategi Pengamatan Tayangan Video | Unduh |
19. | Umum | Umum | Praktik Pembelajaran malalui peer Teaching | Unduh |
20. | SD | Tematik | Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu | Unduh |
21. | SD | Tematik | Implementasi Tematik Terpadu | Unduh |
22. | SD | Tematik | Contoh Implmentasi Pendekatan Scientific | Unduh |
23. | SD | Tematik | Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik | Unduh |
24. | SD | Tematik | Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik | Unduh |
25. | SMP | Bahasa Indonesia | Contoh Pendekatan Scientific Bahasa Indonesia | Unduh |
26. | SMP | Bahasa Indonesia | Contoh Penilaian Autentik Bahasa Indonesia | Unduh |
27. | SMP | Bahasa Indonesia | Konsep Pendekatan Scientific | Unduh |
28. | SMP | Bahasa Inggris | Konsep Pendekatan Scientific | Unduh |
29. | SMP | Bahasa Inggris | Konsep Penerapan Scientific | Unduh |
30. | SMP | Bahasa Inggris | Konsep Penilaian Autentik | Unduh |
31. | SMP | Bahasa Inggris | Contoh Penerapan | Unduh |
32. | SMP | IPA | Konsep Pembelajaran IPA Terpadu | Unduh |
33. | SMP | IPA | Peneapan Pendekatan Scientific | Unduh |
34. | SMP | IPA | Conoth Penerapan Penilaian Autentik | Unduh |
35. | SMP | IPS | Konsep IPS Terpadu | Unduh |
36. | SMP | IPS | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
37. | SMP | IPS | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
38. | SMP | Penjasorkes | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
39. | SMP | Penjasorkes | Contoh Penilaian Terpadu | Unduh |
40. | SMP | PPKN | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
41. | SMP | PPKN | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
42. | SMP | Prakarya | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
43. | SMP | Prakarya | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
44. | SMP | Seni Budaya | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
45. | SMP | Seni Budaya | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
46. | SMA | Bahasa Indonesia | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
47. | SMA | Bahasa Indonesia | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
48. | SMA | Matematika | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
49. | SMA | Matematika | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
50. | SMA | Sejarah | Contoh Penilaian Autentik | Unduh |
51. | SMA | Sejarah | Contoh Pendekatan Scientific | Unduh |
Sumber: http://widyaprima.psmk.net/html/index.php?id=artikel&kode=6
Tulisan Terkait
- SNP (Standar Nasional Pendidikan) SMK/MAK (Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Kejuruan) “Di Luar Pakem”
- Selamat, TIK Telah Kembali dengan Nama Baru Informatika
- Standar Penilaian
- Standar Proses
- Standar Isi
- Standar Kompetensi Lulusan
- Pengertian Kurikulum
- Menggunakan Nilai Optimum Untuk Keterampilan Matematika, Sesuaikah?
- Keterampilan Dalam Matematika
- Kaitan Kurikulum 2013 dan KTSP
Posted on 22 Juli 2013, in Kurikulum and tagged Diklat, Implementasi Kurikulum, kurikulum, Kurikulum 2013. Bookmark the permalink. 24 Komentar.
Makasih ,,,, ijin download
Terima kasih atas rangkumannya ya pak. Izin ngopi.
Silakan Pak Syafii. Mudah2an bermanfaat
Matur nuwun infonya, mohon jangan bosan ‘tuk mengirimi saya sekaligus ijin untuk selalu mengopinya.
Silakan Pak Lukman
Hatur nhn dapat informasi terbaru ttg ku 2013
Maut tanya, yg menjadi isi materi pelajaran dalam kur 2013 itu yg termuat dalam permendikbud tt standar isi atau yg termuat dalam permen ttg strukur kur?, sebab jika saya lihat ada perbedaan materi pokok dari kedua peraturan tsb
Kur 2006 dulu terdapat dalam standar isi sedang dalam struktur tidak dimuat sehgga jelas yg diacu adalah standar isi permen no 22 tahun 2006
terima kasih info dan penjelasannya.. tp ada beberapa link yang tdk bs dibuka. izin download….
Terima kasih Pak Fatur, izin untuk download ya…. cuma khusus untuk rangkuman implementasi kurikulum 2013nya linknya tidak bisa di buka…. terima kasih
kisi kisi mapel ejrah kok gk bsa di bkak ya pak
TERIMA KASIH PA..SAYA IJIN DOWNLOAD. SANGAT BERMANFAAN BAGI SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013…
Ijin Download Pak, sangat bermanfaat bagi saya. Trim’s
Matur nuwun pak fatkoer saya banyak download
Oya punya ndak sofware penilaian untuk smp?
aLHAMDULILLAH sy temukan yang kucari, semoiga menjadi amal ibadah Anda, Insya ALLOH sangat bermanfaat
terima kasih pak… mohon izin untuk download..
Terimakasih ijin download, dan pasti bermanfaat, InsyaAllah, Semoga Allah membalas kebaikan Bapak
Mohamad Yusuf
bozz sekarang bhs inggris juga sudah ikut k 13 thanks
makasih ya pak
terimakasih pak, sngat bermanfaat sekali
Terimakasih.,
ini sangat membantu saya dalam menyusun bahan tugas dan menambah sumber penelitian saya.
mohon ijin pak…saya share tapi g bisa
Terus terang saya masih baru du dunia pendidikan ketika dihadapkan dengan silabus sempat bingung dengan code C1 C2 dan C3, dengan membaca ini sedikit kebingungan saya sudah dapat dicerna, terima kasih atas informasi bermanfaat ini, sangat membantu untuk guru yang baru terjun kedunia pendidikan
Ping-balik: download materi ajar kimia SMA kur 2013 | info pendidikan
Ping-balik: Contoh Skripsi Pendidikan Fisika Kurikulum 2015 | Judul Skripsi