Menemukan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

Format ijazah tahun pelajaran 2013/2014 berbeda dengan tahun-tahun lalu. Perbedaan tersebut adalah form pengisian NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Pada tahun-tahun lalu hal ini tidak ada. Beberapa sekolah mungkin dibuat bingung karena siswa-siswanya tidak mempunyai NPSN, karena tidak pernah mengusulkan NPSN. Namun jangan khawatir, ternyata NISN itu digenerate otomatis oleh sistem dapodik. Jadi walaupun sekolah tidak pernah mengusulkan NPSN, tetap siswa akan mendapatkan NISN.

Lalu dari manakah NISN itu digenerate? Saya belum mengetahui secara persis dari mana data itu diperoleh. Saya menduga data itu didapat (snkronisasi) dari Dapodik, yang untuk dikmen sering dikenal dengan PAS (Paket Aplikasi Sekolah). Untuk tahun 2014 aplikasi PAS sudah tidak ada lagi, namun diganti dengan DAPODIKMEN yang berbasis desktop dan web.

Cara Menemukan NISN

  1. Buka http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data, maka akan muncul tampilan seperti berikut iniNISN1
  2. Klik tab “Pencarian Berdasarkan Nama” maka akan muncul tampilan seperti iniNPNS2
  3. Masukan dengan BENAR nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir
  4. Klik tombol “cari”

Bila pengisian datanya benar maka didapat data NISN seperti contoh di bawah ini

NISN3

Namun sayangnya, saat ini pencarian NISN tidak dapat dilakukan secara kolektif, jadi harus dicari satu-persatu. Merepotkan ya? Tidak apa-apa yang penting dapat NISN untuk pengisisian ijazah

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 24 Juli 2014, in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 139 Komentar.

  1. syukran katsiraan jazaan hasanan semoga bermanfaat infomsinya untuk anak-anak bangsa

    • TOLONG CARI KAN NISN SAYA
      NAMA:MHD.IRFAN
      TEMPAT:BANDAR BARU
      TANGGAL LAHIR:23MEI2002

      • frendyhendrico

        kenapa sih saya tidak bisa melihat nisn saya di google
        broo
        knapa web nya error?
        tolong search kan NISN saya dong
        minta tolong bro
        nama:frendyhendricogultom
        tempat lahir:medan
        tgl lahir:09052000

  2. broo
    knapa web nya error?
    tolong search kan NISN saya dong
    minta tolong bro
    Nama : Hilman moses aritonang
    tempat lahir : Medan
    tgl lahir : 01-01-1998
    thank’s bro

  3. kenapa akhir-akhir ini nisn dak dapat dibuka

  4. tolong cariin no nisn saya
    NAMA: AHMAD JAELANI
    TEPAT LAHIR: Bekasi
    TNGGAL LAHIR: 06/Nopember/1995

  5. Tolong Nisn Kami
    Nama : ROZA DESMIYANI
    Jambi, 14 Desember 1997

  6. tolong carikan NISN saya yg bernama Aqnes intan monica pardede dari SMPN 1 Kota Solok Sumatera barat

  7. Tolong Nisn Aku
    Nama;M.Reza Syah Valephi
    Ttl:Palembang-14-2002

  8. tolong cariin no nisn saya
    NAMA: MUHAMMAD HARIS
    TEPAT LAHIR: Jakarta
    TNGGAL LAHIR: 06/september/1997

  9. kak, tolong search kan NISN saya masih ada apa ngga..
    nama : yuni asmara
    tempat dan tanggal lahir : garut, 01 januari 1998
    makkasihh ..

  10. tlong ksh tau NISN aku soalnya aq nyariudh gk bsa tlong bgtz ya kk

    nama: warini ernawati
    tmpat dan tgal lhir : boyolali, 14 maret 1998. .makasih

  11. TLONG CARIKAN SAYA NISN

  12. PAGI TLG CEK NISN RIZKY CHANDRA SATRIA TTL JAKARTA, 21 DESEMBER 2002

  13. almira nafiisa nurdyanto

    tolong seach NISN almira nafiisah nurdyanto TTL malang,10 februari 2007

  14. eka zulfiana wulanadari

    tolong ksih tau nisn saya..

    nama :eka zulfiana wulandari
    ttl: tegal 17 07 1997

  15. TOLONG INFO NONOR NISN SAYA.ATAS NAMA : AHMAD BIN MUHARAM ( 25 APRI 1998)

  16. Philipus Foarota Giawa

    TRIMS PAK. DARI 32 SISWA YANG SAYA CARI BARU 9 SISWA MEMPUNYAI NISN SELAINNYA, KETIKA DICARI TERTULIS “NO RECORDS” BGMN HAL ITU TERJADI

  17. noviansa el-farisi

    tolong carikan saya nisn nama lengkap ASMI SARI RUSLAN WEWIT,13 oktober 1996

  18. tolong carikan nisn atas
    nama : PITONI
    TTL : Baru lubuk mengkuang, 09-11-2002

  19. Tolong search NISN saya
    nama: fatmi andriani
    ttl: kwangjukut, 07 januari 1997

  20. Tolong info NISN saya cari di DS gak jelas mala kaya gak bertanggung jawab!!!
    tolong carikan soalnya penting 😦
    Nama : SUSILO
    Tgl lahir 21/11/1995
    lahir : Kendal

  21. Tolong info NISN saya cari di SD gak jelas mala kaya gak bertanggung jawab!!!tolong carikan soalnya pentingNama : SUSILOTgl lahir 21/11/1995lahir : Kendal

  22. nama : nurani
    tmpt lahir : wapomaru
    tanggal lahir : 4 april 1996
    lulus sdn 1 manuru thn 2008
    tlg dicarikan NISN nya. kemungkinan ada kesalahan pada datanya

  23. nama : nurani
    tmpt lahir : wapomaru
    tanggal lahir : 4 april 1996
    lulus sdn 1 manuru kec. siotapina kab. buton prop. sultra thn 2008
    tlg dicarikan NISN nya. kemungkinan ada kesalahan pada datanya

  24. kak cariin dong NISN saya
    Nama : Mohammad Aristian Aziz
    TTL : Jakarta 02/12/1995

  25. Tolong carikan NISN saya
    nama : Gabriel Nicholaus saputra
    tempat lahir : semarang
    tanggal lahir : 27/11/1997

  26. Kami telah mencoba nya, tapi tak satupun pencarian berdasarkan nama dan ttl berhasil. Hasilnya No Record

  27. tolong cariin no induk siswa smk LPPM majalaya
    nama nya.tati hayati

  28. tolong carikan NISN saya
    Nama:EKA RAHAYU
    Tempat tanggal lahir:SAMPANG,09-09-1999

  29. Tolong carikan NISN atas nama
    Nama;: Riski Afdilah
    ttl : Pekan Baru , 01 juni 2002

  30. Tolong Carikan NISN aku dong

    Nama:Luthfi Mardiansyah
    TTL :Bandung,30/03.2001

    Tolong Banget

  31. Knpa nomor NISN nya gak bisa masuk . Tolong carikan dong
    Nama : NANDA AZYHARI
    TEMPAT LAHIR : SANGKULIRANG
    TANGGAL LAHIR : 27/10/1996

  32. su nisn ku cariin , tolong banget su 😦

  33. he asui, koe podo arep pkl to ?

  34. Bagas Priambodo J

    Min, kenapa Nisn Gue ga keluar . padahal butuh banget nih :”(
    Nama : Bagas Priambodo Jati
    Tempat lahir : Jakarta
    Lahir : 01-10-1998

    Respect :”)

  35. Bang kok eror..
    to;ong cariin punya saya
    ELVIN NURGULAM QURBANI
    BANDUNG
    20 APRIL 1997

  36. Assalamualikum , mas knpa cari NISN nya gak bisa .
    Nanda Azyhari
    27/10/1996
    Sangkulirang
    Mas tololong carikan yah , please 😦
    Penting ini mas

  37. mohon bantuannya profil siswa 2008 atas nama maltari

  38. Tolong carikan nisn saya
    Nama: vilia sandra
    Tempat lahir : palu
    Tanggal : 06 oktober 1998

  39. Nama : vilia sandra
    06,0ktober 1998, sibowi

    Tolong…carikan saya

  40. Nama : vilia sandra
    Tempat tanggal lahir : sibowi, 06 10 1998

  41. WE TOLONG CARIKAN NISN Ku
    Nma : JOKO SETYO
    Tempat lahir : MEDAN
    TGL lahir : 1998

    TOLONG YA
    NI NMR HP ku : 087869515052

  42. tolong cariin NISNku
    nama;alvian wahyu wijaya
    ttl;lumajang,09 april 1998
    hubungi klau udah ktemu 087 757118 234
    soalnya penting

  43. Bisa minta tolong nggak?tolong carikan nisn atas nama Frastica Amelia lahir Jkt,20112000,.trmksh yaa

  44. Bisa minta tolong nggak?tolong carikan nisn atas nama Frastica Amelia lahir Jkt,20112000,.trmksh Îγα™,.087874732226

  45. tolong cariin NISN saya, bisa nggak? nama : Eka Pratiwi, tanggal lahir : 13 Agustus 1999. Makasih

  46. Fezy Ofa Abd G

    assalammualikum ,,
    mau nanyak kak ,gimana cara nyarik nisn biar ketmu kayak yg d atas ,,??
    soal.a banyak tmn saya yang butuh jg ,,,
    terimakasih,,

  47. Pak tolong carikan nisn saya.
    Nama : Santy
    TTL: Batam, 28/08/1998
    SDN Landasan Ulin Tengah 2

  48. nice Info.. ane Bntu sharing yaa..

  49. tolong carikan nisn saya. nama Marshall Alfayet Mahasari, tempat lahir Sambiki, Tanggal 19 Mei 1998. tolong pak.?

    tolong carikan nisn saya. nama Marshall Alfayet Mahasari, tempat lahir Sambiki, Tanggal 19 Mei 1998. tolong pak.?

  50. iqbal rahmad pratama

    bro kok gak bisa
    Nama:Iqbal rahmad pratama
    Tempat lahir: Jakarta
    Tgl Lahir : 26-03-2000

  51. mass tolong cariin NISN saya,,
    Kuncoro Ahmad tofian
    Jepara, 20-04-1995

    tolong ya mass

  52. mas tolong dong
    nama : Cindy Yohana
    madidipalamedu,20 desember 1996

    mks mas

  53. bg tolong cariin nisn saya
    nama : ruhdi
    ttl : pekan baru 14, oktober 1995

  54. Nama : Pratiwi Yuliatri
    Tempat Lahir: Mataram
    Tanggal Lahir: 14 – 07 – 1996
    Tolong dicrikan NISNnya, suwun

  55. Pak tolong criin NISN saya
    Nama : Redynal Tri Sapoetra Hasan
    Tempat Lahir : Kendari
    Tanggal Lahir : 11-10-1994

  56. nisn:0031275077
    nama:rahmat dwiki ma’dika
    tempat/tanggal lahir:balla peu’ 14/05/2003

    ini yg saya dapat

    • Pak tolong bantuin saya
      cari in dong nisn anak saya
      Nama : Dwi Ayu Lestari Doloksaribu
      Tempat lahir : Medan
      Tanggal lahir : 12 Februari 1998

      masalah nya ko bisa beda NISN di izasah SMP dan SMA,
      apakah siswa memiliki dua NISN ?
      tolong dong pak, yangmana NISN yang benar??

  57. Tolong, syaa error trus bukany
    Nama : Adianto
    TTL : Tumbang Payang, 10 -11-1995 dimohon bantuanny

  58. tolong carikan NISN dengan data; nama BENEDIKTUS MALAU , ttl; SUKABUMI 11 DESEMBER 1996

  59. slamet sanjaya

    tolong dicarikan nisn saya
    NAMA: Agung Gunawan
    TEPAT LAHIR: Bandung
    TNGGAL LAHIR: 13/mei/1995

  60. kak,saya mencari data orang lain bisa tapi kenapa saya mencari data saya sendiri tidak bisa? tolong carikan NISN saya
    Muhammad Agri Pamungkas
    Bekasi
    1 oktober 1999

  61. DIKO GUSTI SANDIKO SUJAK

    BANG TOLONG CARIKAN NISN SAYA,,AKU PUNYA NGAK BISA NIE,,TOLONG YAA..
    NAMA : DIKO GUSTI SANDIKO SUJAK
    TMPAT : GORONTALO
    TANGGAL LAHIR : 18-07-2003

    TOLONG YAA..

  62. ini sangat memudahkan bagi administrasi sekolah
    makasih ya

  63. TOLONG DICARIKAN NISN NNYA:
    NAMA:MOCH. FAUZI RAJA MAHENDRA
    TMPAT:SIDOARJO
    TANGGAL LAHIR :16-09-2000

  64. maulida riski

    tolong carikan nisn ini dong
    nama : winda wulan sari
    tmpat : patumbak
    tgal lahir : 11-07-2000

  65. tolong carikan NISN saya pak

    nama : adimas sugenta
    tempat: tarok
    tanggal lahir: 13-08-2000

  66. Qori sembiring

    Pak.. tlong carikan NIM saya dong.. btuh bner ni
    Nama : Muhammad Ali Qori Sembiring
    Tempat lahir : Medan
    Tgl Lahir : 7 Maret 1999

    Mhon bntuannya pak.. trmakasih.. 🙂

  67. Tolong cari nisn saya dong pak ; nama lena tampubolon, lahir 16-09-1993, tempat lahir ujung tanjung

  68. Bang cariin . Nisn saya
    Mulya
    Ttl : 19-08-1997

  69. tolong cariin nisn saya dong
    NAMA: zefanya n.i sondakh

  70. tolong
    tri kurniawan
    siak dayun
    23 03 99

  71. tolong carikan NISN saya
    Nama:Dila Ananda Basri
    Tempat lahir:Sukabumi
    Tanggal Lahir:02/juni/2001

  72. minta tolong cariin nisn rafa fauziah sdn tarikolot 01 tanggal lahir 27 juli 2001

  73. minta tolong cariin NISN FAZLUL MURSALIN ,Lahir Langsa,8 Maret 2001

  74. INTANIA ADINDA AMARANILA

    tolong carikan NISN sya dong INTANIA ADINDA AMARANILA

  75. Gan tolg bantuin saya dong,,,,,
    bisa carikan NISN Siswa saya

    Nama : Santye Novita Tabuni
    Tmpt lhr : Timika
    Tgl lhr : 25/05/2003

    thks sblmnya

  76. Tolong carikan saya NISN atas nama:
    Nama:Deri Apriansyah
    Tempat lahir:Bandung
    Tanggal lahir:05-04-2000
    tolong untuk dibantu ya soalnya kalau cari di internet sering muncul bacaan ”no record to display” tapi saya punya nomer NPSN itu sama gak dengan nomer NISN?

  77. cari SHAIRA SANI SISWANTO
    17 DESEMBER 2005

  78. MUHAMAT RUSDIANTO

    Tlong cariin nisn saya ya nama muhamat rusdianto wonogiri,29 juni 1996

  79. Tolong cari nisn atas nama Tria Novalia
    dan 9989993777

  80. kak kok gak bisa ya nyari nisn ku. tolong dong pentig min. insaalloh berkah

  81. kak kok gak bisa ya nyari nisn ku. tolong dong pentig min. insaalloh berkah
    rima rahmawati
    mataram,28 juli 1994

  82. Bos tolong carikan NISN saya DANI SAPUTRA, SUKABUMI lahir tahun 04031993

  83. Tolong carikan NISN saya
    Nama : SAFNI DEWI
    TTL: Medan, 16 September 1995

  84. Pito erik putra

    Mua nisn

  85. ramses Budiman Hutagalung

    bagaimana ya Bapak/Ibu mencari data siswa yang berhenti sekolah tahun 1991 di SMA N3 Sibolga. agar dapat melihat NISN nya. Mohon bantuannya.

  86. Bang bisa bantuain gak bang, sy gak bisa akses jg, webnya error, bisa di bukain gak bang?
    nama saya : hardian khan
    Ttl : 02 mei 1998
    lahir di : kab. toli-toli

    tolong dong bang,
    terimakasih

  87. pak/bu.! dengan penu harap saya minta tolong untuk di carikan NISN saya.!

    identitas
    Nama : AHMAD
    TTL. : AOPA.11 MARET 1995
    KAB/KOTA.:KONAWE SELATAN
    VROP : SULAWESI TENGGARA..

    mohon bantuannya..wasalam

  88. Nama saya Julianto, saya tidak dapat menemukan nisn saya pada web tersebut. apakah bisa dibantu untuk mencarinya??? dengan info yang lengkap sebagai berikut : Nama: Julianto ; sekolah Negeri SMTI Pontianak tahun 2014; tempat tanggal lahir : Pontianak/ 23/07/2016. dengan ini saya ucapkan terimaksih banyak atas bantuan yang diberikan.

  89. michael albertuz

    tolong bantuannya, cari NISN atas nama JUMASIAH BUTON, lahir WAEHOTONG, KAB. Buru Selatan, Prov. MALUKU. tanggal 27 Januari 1998.

  90. Ahmad Nur Faizi

    Tolong carikan nisn nya nama Ahmad Nur Faizi
    Sidoarjo, 12/10/1998

  91. eror gan,,Kenapa error web nya ????

  92. tolong cari akang NISN saya
    Nama:tiara rohyani kansil
    TTL:bitung 21 maret 2000

  93. tolong Carikan NISN SAYA
    Nama : Taufik Mochamad pamungkas
    TTL : Bandun, 16 November 200

  94. yulika mulki setiawan

    tolong banget punya aku
    nama : yulika mulki setiawan
    ttl : purwakarta 13 juli 1999

  95. Knapa yh ko nomor induk saya engga bisa muncul
    Tapi di ijazah no induk saya cuma ada 8 dijit
    Ijazah paket c saya bermasalah kaya nya

  96. tolong nisn saya beda ya sama yang sd,, nama:hasna
    tempat lahir: bandung
    tanggal lahir: 30/12/1998
    kalau nisn dulu 0000939493, nah pas saya cari di dapodik nisn , NISN nya 9985929717
    nama hasna

  97. Admin..
    Tolong mencarikan NISN sya
    Dengan Identitas
    Nama: Dwi Raharjo
    Tempat Lahir: Karanganyar
    Tanggal Lahir: 19 mei 1994
    Makasih..

  98. tolg info pembuatan nisn siswa klas 6 yg belum terdaftar,trims byk wassalam

  99. tolong carikan nisn saya reza agustin blitar 28 agustus 1995 smkn 2 blitar,tolong sekali saya butuh

  100. Listiyono Parmosukarto

    Untuk database siswa tertua mulai kapan pk admin..
    Contohnya saya angkatan 90 smp n 1 sawit boyolali. Apakah sudah ter includ…
    Terimakasih.

  101. excellent points altogether, you simply won a new
    reader. What could you suggest in regards to your publish that you just made a few days ago?
    Any positive?

  102. vincensius jankristo sirait

    Tolong cariin punya saya skrng Pls
    Nama: Vincensius JanKristo Sirait
    Tempat Lahir : Serang
    Tahun Lahir : 23-01-1999

  103. ade.ramayani223@gmail.com

    tolong carikkan nisn dengan nama chindy j p manurung tgl lahir;sidikalang 21 juni 1999

  1. Ping-balik: Nisn Kota Depok | Website Sekolah Dasar

  2. Ping-balik: Nisn Data Siswa | Website Sekolah Dasar

  3. Ping-balik: Nisn Riau | Website Sekolah Dasar

  4. Ping-balik: Nisn Wulandari | SpotBerita | Portal Berita Sekolah Dasar

  5. Ping-balik: Dapodik Nisn Kota Bekasi | SpotBerita | Portal Berita Sekolah Dasar

Tinggalkan Komentar

