Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tidak Berlaku Lagi?

K13Pada tahun 2013 dikeluarkanlah permendikbud nomor 81A sebegai landasan yuridis implementasi kurikulum 2013. Pada permendikbud 81A tahun 2013 terdapat 5 buah lampiran yaitu:
  1. lampiram I: Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
  2. lampiran II: Pedoman Pengembangan Muatan Lokal
  3. lampiran III: Pedoman Kegiatan Kegiatan Ekstrakurikuler
  4. lampiran IV: Pedoman Umum Pembelajaran
  5. lampiran V: Pedoman Evaluasi Kurikulum

Saat ini ada isu berkembang bahwa permendikbud 81A tahun 2013 tidak berlaku lagi dan sudah ada penggantinya. Hal ini tidaklah benar, yang benar adalah sebagian dari permendikbud tersebut, yaitu lampiran, yaitu lampiran I, II dan III yang tidak berlaku, sedangkan lampiran IV dan V masih berlaku.

Lampiran I tidak berlaku karena dikeluarkan permendikbud tersendiri yaitu permendikbud nomor 61 tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (unduh)

Lampiran II tidak berlaku karena dikeluarkan permendikbud tersendiri yaitu permendikbud nomor 79 tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013 (unduh)

Lampiran III tidak berlaku lagi karena dikeluarkan permendikbud tersendiri yaitu permendikbud nomor 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (unduh) dan nomor 63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (unduh).

Sedangkan lampiran IV dan V belum ada penggantinya. jadi masih berlaku. Untuk permendikbud tentang pedoman umum pembelajaran masih dalam bentuk draft.

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 1 Oktober 2014, in Pendidikan, Peraturan Perundangan and tagged , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. Mas Fatur,begitu cepat regulasi dari pusat,sampai 2 yang lama belum dibaca,udah direvisi,ini bagaimana……Saya di dompu sampai ketayal tayal ikuti permendikbud.tolong mas kasih komentar.Mas bambang Sukamto,dompu

  2. Betul pa, Permendikbud 81A memang masih berlaku,kecuali untuk bagian yang sudah keluar permendikbud yg baru nya. Rencananya 81a akan dibagi menjadi 20 permendikbud baru, termasuk bagian pembelajaran dan penilaian.

  3. Begitulah Mas Bambang, K-13 ini dinamisnya sangat tinggi..Permendikbud yang baru itu penyempurnaan dari 81A kok. Mas Enang..ya kita tunggu saja sampai muncul permen-permen yang lain, Semoga permen itu tidak menimbulkan sakit gigi. He..he..

  4. Iyalah bukan sakit gigi hanya saya dibuat pusing untuk menyampaikan pada guru guru di sekolah,kata guru permendikbud sering seumur jagung dan ada yang mati suri dilapangan seperti permendikbud tentang program induksi guru.Mas bambang sukamto.

  5. efrina patmawati,s.pd

    Trim infonya , ada info yang mutakir lagi nggak tentang hal ini, jika ada mohon bantuannnya ya pak.trimakasih

  6. Saifudin, Guru SMA Negeri 1 Ponggok

    Ya begitulah Indonesia, … para bos itu senengnya ganti ‘istilah’ padahal palaksanaan di bawah sama saja. Mungkin karena ‘jenuh’ dengan perubahan yang sesungguhnya tidak mendasar. Guru disibukkan dengan ‘membuat dan mengganti perangkat pembelajaran. Kasihan deh ‘para guru’ dan ‘para siswa’….. jadi objek alisan ‘kelinci percobaan’.

  7. Terus…mulok cuman boleh 1 mapel saja?? Bagaimana dengan mapel b. Inggris….pasti banyak berkurangnya….hwadeuhhhh….gimana bisa bersaing di dunia luar sana kalau ‘kunci dunia’ nya justru makin berkurang….

  8. Tks infonya. Smg menjadi amal baik Anda.

  9. Toga Sidari Samosir

    Mari kita berharap agar Mendikbud baru benar benar mengkaji dengan seksama dan benar segala kebijakan sebelum diluncurkan, seghingga tidak cepat cepat ganti, dan semoga aturan aturan, permen atau bonbon tidak diproyekkan atau hanya trend untuk menunjukkan bahwa dia ada

  10. trims infonya. menurut bapak apakah bahasa Inggris boleh diajarkan di SD/MI sebagai muatan lokal??

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s