Menggunakan Schoology Untuk Pembelajaran Online

sch2Saat ini siapa yang tidak kenal dengan facebook, yaitu jejaring sosial nomor wahid. Jejaring sosial ini sungguh merajai, bahkan google yang mempunyai situs jejaring sosial yang disebut Google Plus belum bisa mengalahkan facebook. Moodle juga sudah sangat dikenal oleh guru yang suka menggunakan elearning. Moodle merupakan LMS (Learning Managament System) yang paling banyak digunakan untuk membuat website elearing. 

Tahukah Anda sebuah situs yang menggabungkan fitur jejaring sosial dan LMS? Diantaranya adalah Schoology. Ya Schoology adalah situs yang menggabungkan antara jejaring sosial dan LMS. Jadi dengan Schoology kita bisa berinteraksi sosial sekaligus belajar. Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh Schoology adalah sebagai berikut:

  1. Courses (Kursus), yaitu fasilitas untuk membuat kelas mata pelajaran, misal mata pelajaran Matematika, Fisika, dan lain sebagainya. Fasilitas Courses ini juga ada di Moodle
  2. Groups (Kelompok), yaitu fasilitas untuk membuat kelompok. Fasilitas ini juga ada di Moodle maupun di facebook.
  3. Resources (Sumber Belajar)

Di dalam menu Course kita juga bisa membuat kuis/soal (ini yang tidak dimiliki oleh facebook) yang jenisnya banyak yaitu pilihan ganda, benar salah, menjodohkan, isian singkat, dan lain-lain. Bagusnya lagi kita bisa mengimport soal. Kelebihan soal online yang dimiliki oleh Schoolgy adalah kita tidak perlu memeriksa pekerjaan siswa. Dan soal-soal itu (biasanya bebentuk tugas) bisa dikerjakan di rumah, guru tinggal mengontrol dari jarak jauh. Untuk guru Matematika sangat dimanja dalam pembuatan soal di Schoology ini, yaitu dilengkapi dengan Symbol, Equation, dan Latex. Jadi semua jenis soal yang mengandung gambar, simbol, dan equation dapat ditulis di Schoolgy. Berikut ini adalah contoh soal matematika yang mengandung simbol matematika.

Sch

Di samping kita bisa membuat soal/kuis dalam course, kita juga bisa membuat tugas. Fungsi ini sama persis dengan fungsi tugas yang ada di moodle. Siswa dapat mengunggah tugas yang diberikan oleh guru dan guru dapat memeriksa nama-nama siswa yang telah mengunggah tugas.

Yang tidak kalah pentingnya dari soal/kuis dan tugas, kita juga bisa mebuat forum di course. Fungsi forum ini juga sama dengan fungsi forum yang ada di moodle, yaitu sebagai wadah diskusi bagi siswa-siswa yang kita bina.

Dengan demikian Schoolgy itu mempunyai fitur-fitur yang hampir sama (walaupun tidak sama persis) dengan moodle. Bila moodle memerlukan hosting dan domain untuk membuatnya, sedangkan Schoology tidak memerlukan itu semua.

A. Mendaftar Di Schoology Sebagai Guru

Setelah kita mengetahui keunggulan Schoology marilah sekarang mendaftar sebagai guru di Schoology. Cara mendaftar di Schoology bisa Anda pelajari melaui video berikut ini

Bagi Anda yang koneksi internetnya kurang kencang, Anda bisa mempelajari cara mendaftar Schoology sebagai guru melalui tautan ini

B. Membuat Course Di Schoology

Setelah kita mendaftar di Schoology sebagai guru maka langkah selanjunya adalah membuat Course. Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia Course berarti Kursus. Istilah Course ini juga digunakan dalam LMS Moodle. Di sekolah, Course bisa kita artikan Kelas, misalnya Kelas BAHASA INGGRIS XI.

Cara membuat course di Schoology dapat  Anda pelajari melalui video di bawah ini

Bagi Anda yang koneksi internetnya kurang kencang, Anda bisa mempelajari cara membuat course Schoology melalui tautan ini.

C. Membuat Soal Di Schoology

Setelah course berhasil kita buat maka selanjutnya banyak hal yang kita bisa kita buat dalam course tersebut, yaitu bahan ajar, soal, penugasan dan forum. Berikut ini kita akan belajar bagaimana membuat soal di Schoology

Cara untuk membuat soal di Schoology dapat Anda pelajari melalui video di bawah ini

D. Menyalin Soal Ke Rombongan Belajar (Kelas) Lain

Sebagai guru tentunya tidak hanya mengampu (mengajar) 1 (satu) rombongan belajar (kelas). Umumnya guru mengajar lebih dari 1 kelas. Semua kelas yang kita ajar tentu kita buatkan soal juga. Inilah salah satu kelebihan Schoology, kita bisa menyalin soal ke kelas lain. Cara untuk menyalin soal ke kelas lain dapat Anda pelajari melalui video yang telah saya buat di bawah ini

Demikianlah penjelasan keunggulan Schoology dan bagaimana cara mendaftar serta memanfaatkan fitur-fiturnya. Dengan pembelajaran online maka belajar tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Asalkan ada koneksi internet maka belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja. Akhirnya saya ucapkan selamat mencoba pembelajaran online dengan Schoology.

Iklan

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 22 Oktober 2014, in Elearning, Pendidikan, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. It’s amazing and thank for your very useful information to especially enhance the quality of education.

  2. Mantab gan, Bisa dipraktekkan nih utk elearning. Alternatif selain pake edmodo.

  3. Saya baru belajar menggunakan schoology. Biasanya saya menggunakan Edmodo. Ada tidak ya, e-book tentang schoology? Mohon infonya

  4. saya baru belajar pake menggunakan schoology..
    cara siswa mau gabung atau masuk gimana…

  5. terima kasih banyak pak untuk ilmunya…

  6. Cara doenload file pdf di schoology gimana yaa mohon jawabannya

  7. Cara doenload file pdf di schoology gimana yaa mohon jawabannya

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s