Membuat Deskripsi Yang Tepat Pada Rapor Kurikulum 2013
Berdasarkan permendikbud nomor 104 tahun 2014 bahwa rapor tidak hanya diisi dengan nilai, namun juga diberikan deskripsi untuk ketiga ranah yaitu deskripsi pengetahuan, deskripsi keterampilan dan deskripsi sikap. Membuat deskripsi pada nilai suatu mata pelajaran itu berdasarkan nilai setiap KD (Kompetensi Dasar). Dua orang siswa sama-sama dapat nilai 3,65 (misalnya) belum tentu deskripsinya sama, karena penguasaan terhadap KD-KD kedua siswa itu belum tentu sama.
Sebagai contoh, misalkan matematika terdapat 5 KD untuk pengetahuan, yaitu KD 3.1 sampai dengan KD 3.5. Bisa saja siswa pertama, KD 3.1 sampai dengan 3.4 SANGAT MENGUASAI, sedangkan KD 3.5 kategorinya MENGUASAI, sedangkan siswa kedua KD 3.1 MENGUASAI sedangkan KD 3.2 sampai dengan KD 3.5 SANGAT MENGUASAI. Jadi masing-masing siswa bisa jadi deskripsinya semuanya berbeda. Inilah yang menjadi salah satu alasan bahwa menulis deskripsi pada rapor kurikulum 2014 itu merepotkan, kecuali bila dibantu dengan aplikasi, sehingga deskripsi akan muncul otomatis.
Permendikbud 104/2014 masih berlaku. Dengan demikian penulisan deskripsi juga masih berlaku. Untuk itu saya akan membahas bagaimana membuat deskripsi yang tepat. Pertama akan kita bahas bagaimana membuat deskripsi ranah pengetahuan.
Deskripsi Pengetahuan
Misalkan kita akan membuat deskripsi mata pelajaran Seni Budaya untuk ranah pengetahuan. Adapun KD-KD Seni Budaya Seni Rupa untuk ranah pengetahuan kelas X adalah sebagai berikut:
3.1 Memahami bahan, media dan teknik dalam proses berkarya seni rupa.
3.2 Menerapkan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa.
3.3 Memahami pameran karya seni rupa
3.4 Memahami jenis, simbol, fungsi dan nilai estetis dalam kritik karya seni rupa.
Untuk membuat deskripsi kita bisa memilih kata kunci yang menunjukkan tingkat penguasaan, misal SANGAT MAMPU, MAMPU, KURANG MAMPU dan TIDAK MAMPU.
Kategori itu berdasarkan nilai huruf, yaitu
Kategori A (yang terdiri dari A dan A-) maka deskripsinya SANGAT MAMPU
Kategori B (yang terdiri dari B+, B dan B-) deskripsinya MAMPU
Kategori C (yang terdiri dari C+, C dan C-) deskripsinya KURANG MAMPU, bukan CUKUP MAMPU. Karena kategori C ini nilai yang belum tuntas.
Kategori D (yang terdiri dari D+ dan D) deskripsnya TIDAK MAMPU.
Perhatikan tabel berikut ini
Namun perlu diingat bahwa nilai dengan kategori B- itu belum tentu tuntas, karena rentangan B- adalah 2,51 – 2,84, sedangkan batas ketuntasan adalah 2,67. Jadi misal nilai 2,65 (misalnya) tidak bisa dideskripsikan MAMPU, walaupun sudah B-, karena 2,65 adalah nilai tidak tuntas. Jadi harus kita buat sekat terlebih dahulu, yaitu 2,67 sebagai batas ketuntasan. Nilai 2,67 atau lebih dideskripsikan MAMPU dan SANGAT MAMPU, sedangkan nilai kurang dari 2,67 dideskripsikan KURANG MAMPU dan TIDAK MAMPU, dengan rentangan sebagai berikut:
3,51 – 4,00 deskripsi SANGAT MAMPU. (3,51 adalah batas bawah A-)
2,67 – 3,50 deskripsi MAMPU (2,67 adalah batas ketuntasan)
1,51 – 2,66 deskripsi KURANG MAMPU (1,51 adalah batas bawah C-)
1,00 – 1,50 deskripsi TIDAK MAMPU (1,50 adalah batas atas D)
Misal seorang siswa mempunyai nilai pengetahuan seni budaya seni rupa sebagai berikut:
KD 3.1 = 3,85 (kategori A) ===> SANGAT MAMPU
KD 3.2 = 2,84 (kategori B-) ===> MAMPU
KD 3.3 = 2,59 (kategori B-) ===> KURANG MAMPU
KD 3.4 = 1,50 (kategori D+) ===> TIDAK MAMPU
Rerata dari 4 KD itu adalah 2,70 (tuntas)
Deskripsinya adalah sebagai berikut:
Sangat mampu memahami bahan, media dan teknik dalam proses berkarya seni rupa, mampu menerapkan jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa, kurang mampu memahami pameran karya seni rupa dan tidak mempu memahami jenis, simbol, fungsi dan nilai estetis dalam kritik karya seni rupa.
Deskripsi Keterampilan
Untuk membuat deskripsi ranah keterampilan caranya sama dengan ranah pengetahuan, namun kata kuncinya adalah SANGAT TERAMPIL, TERAMPIL, KURANG TERAMPIL dan TIDAK TERAMPIL.
Contoh deskripsi ranah keterampilan seni budaya seni rupa kelas X
Terampil membuat karya seni rupa dua dimensi berdasarkan melihat model, sangat terampil membuatkarya seni rupa tiga dimensi berdasarkan melihat model kurang terampil memamerkan hasil karyaseni rupa dan tidak terampail membuat tulisan kritik karya seni rupa mengenai jenis, fungsi, simbol dan nilai estetis berdasarkan hasil
pengamatan
Deskripsi SIkap
Untuk membuat deskripsi sikap kita menggunakan nilai per sikap. Nilai sikap hanya ada 4 yaitu SB (sangat baik), B (baik), C (cukup) dan K (kurang).
KD Sikap sosial dan spiritual Seni Budaya adalah sebagai berikut:
1.1 Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
2.1 Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab,toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2 Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3 Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni dan pembuatnya.
Jadi sikap yang dinilai dalam seni budaya adalah: sikap spritual, kerja sama, tanggung jawab, toleransi, disiplin, santun, jujur, cinta damai, responsip, pro aktif, kepedulian.
Misal dari hasi penilaian diperoleh Sikap spiritual nilainya SB, kerja sama nilainya SB, toleransi, disiplin, santun, jujur, cinta damai, responsip, pro aktif nilainya B, sedangkan kepedulian nilainya C.
Maka modusnya adalah B, sehingga nilai sikap yang didapat adalah B, dengan deskripsi sebagai berikut:
Sangat baik dalam sikap spiritual dan kerja sama, baik dalam toleransi, disiplin, santun, jujur, cinta damai, responsip, pro aktif dan masih cukup dalam kepedulian.
Tulisan Terkait
- SNP (Standar Nasional Pendidikan) SMK/MAK (Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Kejuruan) “Di Luar Pakem”
- Selamat, TIK Telah Kembali dengan Nama Baru Informatika
- Standar Penilaian
- Standar Proses
- Standar Isi
- Standar Kompetensi Lulusan
- Pengertian Kurikulum
- Menggunakan Nilai Optimum Untuk Keterampilan Matematika, Sesuaikah?
- Keterampilan Dalam Matematika
- Kaitan Kurikulum 2013 dan KTSP
Posted on 8 Januari 2015, in Kurikulum, kurikulum 2013, Pendidikan and tagged deskripsi, kurikulum, Kurikulum 2013, nilai, pengetahuan, rapor, sikap. Bookmark the permalink. 18 Komentar.
Bapak punya aplikasi yang bisa memunculkan deskripsi kompetensi secara otomatis Pak?
pak ahmat ini saya eva yani dari sumatera barat yaitu payakumbuh kalau boleh saya mau dong aplikasi yang memeunculkan deskripsi secara otomatis
assalamualaikum wrwb. pak Ahmad saya Erlendra gmn mendapatkan aplikasi yg memunculkan deskripsi secara otomatis. trmks
saya tunggu info brkutnya trmks
tunggu di remang”
enak aja
Deskripsi otomatis bisa dilihat di https://www.youtube.com/channel/UC7_qVcBIbhqhnBoYbCsmeew
Kalo belum punya, saya mau buatkan khusus SMAN 1 Tanjung Lombok Utara
Boleh juga dishare
saya memiliki nilai 2,66 dan itu harus saya perbaiki.dilihat dari struktur penilian k 13 saya mendapat nilai kurang dari 8 ( 2,66 ) itu.
Saya pun merasa tidak PD akan daftar perguruan tinggi negeri,melalui snmptn.dan minimal rata -rata nilai masuk snmptn harus lebih 8.
Yang namanya KTSP 2013 sudah jelas namun menjadi tidak jelas karena ditafsirkan menurut pengalaman guru masing masing sehingga terjadikan kebimbangan dan keraguan guru dalam melaksana tugas ingat KTSP
Bapak punyadescripsi k13untuk smp?
Pa bgmna untuk bisa mndaptkn aplikasinya deskripsi.
Apakah melanggar hukum jika deskripsi raport k13 di buat generalisasi (maksudnya kalo b ya deskripsinya itu2 saja). Kalo melanggar sebutkan peraturannya? Terima kasih atas jawabannya jika dijawab.
pigi dulu sana ada mie ayam special
spesial buangettttt..
apa bpk mempunyai aplikasi Rapor yg Diskripsi mapelnya muncul otomatis?
Terima kasih sudah menambah kasanah pembelajaran yg baru