Kaitan Kurikulum 2013 dan KTSP

Ketika saya memberikan materi diklat di beberapa sekolah, masih ada saja peserta yang belum memahami kaitan antara kurikulum 2013 dan KTSP. Saat ini sudah era Kurikulum 2013 kok masih ada materi diklat KTSP? Apa KTSP masih berlaku? Begitu pertanyaan yang sering muncul. Baiklah saya akan menguraikan kedudukan atau kaitan KTSP terhadap Kurikulum 2013.

Lazimnya penamaan kurikulum itu didasarkan pada tahun pemberlakuannya. Misal kurikulum yang diterapkan pada tahun 1975 disebut kurikulum 75, yang diterapkan pada tahun 1984 disebut kurikulum 84, yang diterapkan pada tahun 1994 disebut kurikulum 94, yang diterapkan pada tahun 2004 disebut kurikulum 2004. Nah untuk kurikulum 2004 juga disebut Kurikulum Berbasis Kompetensi yang sering disebut KBK. Jadi kurikulum yang diberlakukan pada tahun 2004 boleh disebut kurikulum 2004 atau KBK. 

Pada tahun 2006 kurikulum 2004 (yang juga disebut KBK) disempurnakan lagi. Karena diberlakukan pada tahun 2006 tentu disebut kurikulum 2006. Pada tahun 2006 inilah muncul terminologi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang sering disebut KTSP. Apa artinya KTSP?

Pada kurikulu 75, 84 dan 2005, sekolah atau satuan pendidikan tidak perlu membuat kuriulum sendiri. kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah itulah yang diapakai secara seragam oleh semua sekolah (satuan pendidikan). Pada tahun 2006, sekolah berkewajiban membuat kurikulum sendiri, karena membuat kurikulum sendiri tentu kurikulum satu sekolah dengan sekolah lainnya bisa berbeda-beda, tergantung karakteristik sekolah masing-masing. Kurikulum yang dibuat oleh sekolah (satuan pendidikan) itulah yang disebut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  yang sering disebut KTSP.

Apa muatan kurikulum dalam  KTSP? Muatan kurikulum KTSP terdiri dari muatan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan diatambah dengan kurikulum muatan lokal yang tentu berbeda-beda masing sekolah. Di samping itu tentu juga ada perbedaan lain, misalnya pengembangan diri (ekstra kurikuler) tiap sekolah berbeda-beda. Oleh karena adanya perbedaan-perbedaan itulah maka pada tahun 2006, satuan pendidikan diwajibkan untuk membuat kurikulum sendiri yang disebut KTSP. Sebenarnya kurikulum yang diberlakukan pada tahun 2006 lazimnya disebut kurikulum 2006. Kurikulum 2006 ini sebenarnya juga masih berbasis kompetensi (KBK). Namun nama kurikulum yang diberlakukan pada tahun 2006 ini yang menggaung adalah KTSP. Jadi sebenarnya kurikulum yang diberlakukan pada tahun 2006 ini boleh disebut kurikulum 2006, boleh disebut KBK, juga boleh disebut KTSP, dan nama KTSP inilah yang lebih tersohor.

Nah sekarang pada era kurikulum 2013, sekolah juga tetap wajib membuat kurikulum sendiri, yang tentu muatan kurikulumnya adalah muatan kurikulum  nasional, yaitu kurikulum yang telah dietetapkan oleh pemerintah dan kurikulum muatan lokal. Ketentuan keharusan sekolah membuat kurikulum sendiri yang disebut KTSP diatur di permendikbud nomor 61 tahun 2014 tentang kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Jadi ketika kurikulum 2013 diberlakukan bukan berarti sekolah tidak lagi membuat kurikulum sendiri (KTSP). Sekolah tetap harus membuat kurikulum sendiri, yang disebut KTSP. Acuan atau pedoman untuk membuat KTSP ada di permendikbud 2013.

Demikian penjelasan saya, semoga membantu dan bisa lebih paham kaitan aatau kedudukan antara kurikulum 2013 dan KTSP

Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 6 November 2015, in Kurikulum, Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s