Menyoal Kisi-Kisi UKG (Uji Kompetensi guru) 2015

Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 segera digelar pada tanggal 9 – 27 November 2015. Seiring dengan itu para guru sudah mulai berburu soal-soal UKG. Banyak sekali blog yang meemposting soal-soal UKG yang katanya sesuai dengan kisi-kisi UKG 2015. Memang yang bikin soal sudah mempelajari kisi-kisi UKG 2015?

Kali ini saya tidak akan memposting masalah soal-soal UKG atau bank soal UKG atau soal prediksi UKG. Saya hanya menyoal tentang kisi-kisi UKG 2015. La kok menyoal kisi-kisi? Kapan belajarnya?

Mari kita perhatikan kisi-kisi UKG 2015 untuk mata pelajaran matematika SMA. Salah satu indikator esensial dalam kisi-kisi UKG 2015 berbunyi “2.2.2. Menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran matematika“. Bila kata kerja operasionalnya “menggunakan“, tentu teknik penilaiannya dengan cara unjuk kerja bukan dengan cara tes tulis. Jadi sebenarnya tes tulis itu tidak akan pernag bisa mengukur pencapaian indikator tersebut.

Contoh lagi. “5.1.1. Mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika“. Bagaimana cara mengukurnya bila hanya diukur dengan teknik tes tulis? Mestinya untuk mengukur kedua contoh indikatior di atas dengan teknik unjuk kerja. Bila ditelaah masih banyak indikator yang seperti itu.

OK, dari pada sibuk menyoal kisi-kisi UKG 2015 lebih baik fokus pada mempelajari kisi-kisi UKG 2015 dan mempelajari materi yang sesuai dengan kisi-kisi, entah dengan berburu soal yang sudah bertebaran atau dengan mempelajari materi-materi yang sesuai dengan kisi-kisi. Namun perlu diingat, tidak semua soal yang ada di internet sudah sesuai dengan kisi-kisi. Jadi biasakan menelaah. Yang bertindak konyol berburu soal sekaligus berburu kunci jawaban, bukan itu tujuan pemerintah menyelenggarakan UKG, Tujuan UKG tidak sekedar menjadikan guru terampil dalam berburu soal dan kuncinya.

Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 7 November 2015, in Pendidikan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. mkasih infonya sangat membantu, semoga tetap sukses

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s