SNP (Standar Nasional Pendidikan) SMK/MAK (Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Kejuruan) “Di Luar Pakem”

Di permendikbud nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) , SMK/MAK tidak dimasukkan, ternyata setelah 2 tahun dari permendikbud itu diterbitkan, SMK/MAK membuat SNP (Standar Nasional Pendidikan) sendiri yang keluar dari pakem, berbeda dengan SD/MI/SDLB/Paket A, SMP/MTs/SMPLB/Paket B dan SMA/MA/SMALB/Paket C. Kita ambil contoh Standar Kompetensi Lulusan (SKL), untuk selain SMK/MAK, SKL itu terdiri dari 3, yaitu kompetensi sikap, kompetensi pengetahaun dan kompetensi keterampilan.

Perhatikan SKL untuk pendidikan dasar dan menengah selain SMK/MAK

Dimensi Sikap

SD/MI/SDLB/Paket A SMP/MTs/SMPLB/Paket B SMA/MA/SMALB/Paket C
RUMUSAN
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,

2. berkarakter, jujur, dan peduli,

3. bertanggungjawab,

4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan

5. sehat jasmani dan rohani

sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,

2. berkarakter, jujur, dan peduli,

3. bertanggungjawab,

4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan

5. sehat jasmani dan rohani

sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap:1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME,

2. berkarakter, jujur, dan peduli,

3. bertanggungjawab,

4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan

5. sehat jasmani dan rohani

sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

Dimensi Pengetahuan

SD/MI/SDLB/Paket A SMP/MTs/SMPLB/Paket B SMA/MA/SMALB/Paket C
RUMUSAN
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan:1. ilmu pengetahuan,

2. teknologi,

3. seni, dan

4. budaya.

Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, dan negara.

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan:1. ilmu pengetahuan,

2. teknologi,

3. seni, dan

4. budaya.

Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan:1. ilmu pengetahuan,

2. teknologi,

3. seni,

4. budaya, dan

5. humaniora.

Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kawasan regional dan internasional

Dimensi Keterampilan

SD/MI/SDLB/Paket A SMP/MTs/SMPLB/Paket B SMA/MA/SMALB/Paket C
RUMUSAN
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:1. kreatif,

2. produktif,

3. kritis,

4. mandiri,

5. kolaboratif, dan

6. komunikatif

melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan tahap perkembangan anak yang relevan dengan tugas yang diberikan

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:1. kreatif,

2. produktif,

3. kritis,

4. mandiri,

5. kolaboratif, dan

6. komunikatif

melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak:1. kreatif,

2. produktif,

3. kritis,

4. mandiri,

5. kolaboratif, dan

6. komunikatif

melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri

Untuk SMK/MAK pakemnya tidak seperti itu, artinya tidak terdiri dari 3 kompetensi yang meliputi dimensi sikap, dimensi pengetahuan dan dimensi keterampilan. Untuk SMK 3 tahun seperti ini formulasinya:
A.1. Keimanan dan Ketakwaankepada Tuhan Yang Maha Esa
A.2. Kebangsaan dan Cinta Tanah Air
A.3. Karakter Pribadi dan Sosial
A.4. Kesehatan Jasmani dan Rohani
A.5. Literasi
A.6. Kreativitas
A.7. Estitika
A.8. Kemampuan Teknis
A.9. Kewirausahaan

Bila kita cermati, sebenarnya esensinya sama dengan SKL pendidikan dasar dan menengah untuk SD/MI/SDLB/Paket A, SMP/MTs/SMPLB/Paket B dan SMA/MA/SMALB/Paket C (selain SMK/MAK), hanya saja formulanya yang berbeda.

Permendikbud tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK diatur dalam permendikbud nomor 34 tahun 2018 yang dapat diunduh melalui tautan ini

Permendikbud nomor 34 tahun 2018

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 6 Januari 2019, in Kurikulum, kurikulum 2013 and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s