Hosting Gratis Indonesia Kaya Fitur dan Handal

Untuk membuat website tentu kita membutuhkan yang namanya hosting. Ada 2 jenis hosting, yaitu hosting berbayar dan hosting gratis. Apa perbedaanya? Tentu pada fasilitasnya. Pada hosting gratis biasanya tidak ada fasilitas install software (berupa Content Management System/CMS atau Learning Management System/LMS, dll). Biasanya juga kapasitasnya kecil, tidak ada suport (dukungan) sehingga tidak bisa konsultasi bila kita mengalami kendala. Biasanya juga tidak berbahasa Indonesia. Ini juga yang biasanya menempel pada hosting gratis, yaitu iklan

Apakah ada hosting gratis yang mempunyai faslitas kapasitas besar, support konsultasi, berbahasa Indonesia, dan install otomatis dan tanpa iklan? Jawabnya ada, yaitu Hostinger. Jadi fitur Hostinger adalah sebagai berikut:

1. Kapasitas 2 GB

2. Support konsultasi

3. Terdapat fitur install otomatis, misal wodpress, Joomla, Moodle dll

4. Tidak ada iklan.

5. Ada program affiliasi gratis

Apakah yang gratis kalah dengan berbayar? Belum tentu. Saya pernah berlangganan dengan hosting berbayar, ternyata servernya sering down. Jadi tunggu apa lagi segera daftar di Hostiger.

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 29 Januari 2012, in Blogging, IT, Serba-Serbi, Trik N Tips. Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. jangan-jangan hanya promo…? setelah beberapa bulan diminta untuk mengikuti yang berbayar untuk mendapatkan fasilitas seperti semula

  2. Bisa jadi. Yang namanya gratisan jangan dibuat serius. ya untuk latihan bikin website gitulah kira2. Kalau mau profesional ya cari yang berbayar dan handal.

  3. pengalaman saya menggunakan hostinger, seringnya terjadi down, karena dianggap “penggunaan cpu melebihi batas kuota yang diizinkan” padahal space and bandwitchnya gede. coba upgrade pake yang berbayar, saya instal untuk moodle versi 2.0. lha kok leletnya minta ampun, padahal tawarannya S/B unlimited, coba kontak cari tahu jawaban, (via tiket) nggak pernah ada jawaban. ya sudahlah. ini mungkin cuma pengalaman saya, nggak tahu yang lain.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s