Jadual UN SMA Bahasa Indonesia di 11 Provinsi Mundur

ujian-nasional2Jakarta — Disebabkan adanya kendala teknis dalam pengepakan naskah soal di percetakan, jadwal  Ujian Nasional  (UN) mata pelajaran  Bahasa Indonesia pada  jenjang SMA/MA/SMALB dan Paket C  di 11 propinsi, yang semula dijadwalkan berlangsung pada Senin (15/4), digeser waktunya menjadi Jumat (19/4). Untuk jenjang SMK tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal semula.  Demikian disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ibnu Hamad, di Jakarta, Sabtu (13/4).

Ke-11 propinsi yang mengalami pergeseran jadwal UN  tersebut meliputi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.  “Untuk propinsi lain tidak ada perubahan, dilaksanakan sesuai jadwal  semula, yakni Senin, 15 April”, tegas  Ibnu Hamad.

Adapun jadwal UN mata pelajaran lain akan berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. “Jadwal UN mata pelajaran lain berlangsung sesuai jadwal atau  tidak mengalami perubahan jadwal”, ujar Ibnu Hamad.

Pergeseran jadwal UN mata pelajaran Bahasa Indonesia ini, dikatakan Ibnu Hamad, tidak akan mempengaruhi konsentrasi  siswa dalam  menghadapi UN. “perubahan jadwal ini tidak akan berpengaruh terhadap siswa, sebab bagi siswa yang sudah mempersiapkan diri dengan baik, masalah waktu pelaksanaan tidak akan jadi kendala”, tuturnya.

Mengenai pendistribusian  naskah soal UN,  dikatakannya,  berlangsung dengan baik, tanpa kendala berarti. “Saat ini, naskah soal UN  sudah sampai di dinas pendidikan kabupaten/kota, dan selanjutnya didistribusikan ke rayon dan sekolah tempat penyelenggaraan UN”, jelas Ibnu Hamad.

Ibnu Hamad menghimbau agar siswa tetap berkonsentrasi dan mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi UN 2013, yang berlangsung pada tanggal 15 – 18 April untuk jenjang SMA/MA/SMALB dan Paket C dan tanggal 15 – 17 April untuk jenjang SMK. Sedangkan jenjang SMP/MTs/SMLB dan Paket B pada tanggal 22 – 25  April, dan jenjang SD/MI dan Paket A pada tanggal 6 – 8 Mei.

”Persiapkan diri dengan baik, pelajari dan  pahami kisi-kisi soal yang telah ditetapkan. Abaikan isu-isu tentang kebocoran soal dan kunci jawaban. Sebab dengan diterapkannya 20 variasi soal dan ditambah dengan pemakaian kode bar pada setiap naskah dan lembar jawaban UN, mustahil kebocoran soal akan terjadi,” imbau Ibnu Hamad

Berita di atas bersumber dari situs resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud)  (http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1216). Selang beberapa jam saya mendapat kabar via SMS bahwa untuk NTB Ujian Nasional dimulai hari Rabu. Adapun bunyi SMS tersebut adalah sebagai berikut:

Yth Kadisdik NTB, krn kendala teknis di percetakan dan setelah koord dg BSNP maka utk Prov NTB UN SMA/MA/SMALB/SMK/Paket C mapel hari Senin dilaksanakan hari Jumat (19/4). Selanjutnya mapel hari Selasa dilaksanakan pd hari Senin (22/4). Jam Pelaksanaan tidak berubah. Untuk mapel hari rabu dan Kamis dilaksanakan sesuai jadwal yang ada.

Konten berinta dengan tautan (http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1216) sudah dihapus dan diperbaiki dengan tautan (http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1221)

Tulisan Terkait

Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 13 April 2013, in Kabar UN and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. kok bisa mundur, UN merupakan program tahunan yang pasti ada. Kasihan anak2x yang udah siap tempur jadi kendur.

  2. Pak mentri.. Kami Ɣªήğ ϑȋ̊ pedalaman sudah menuju ketempat ujian sejak hari jum’at dengan penuh dedikasi eh.. Koq pakai mundur aya-aya wae to pak men,.. Ingat ind tidak semua seperti jakarta pak, Ɣªήğ semua fasilitas ˘˚°•⌣okε, perhatikan kami Ɣªήğ ϑȋ̊ kukar..(Kaltim).

  1. Ping-balik: Perubahan Jadwal UN 2012/2013 Provinsi NTB Untuk Jenjang SMA/MA/SMALB/SMK/Paket C

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s