Prediksi Soal SBMPTN 2013

logo sbmptnSeperti telah kita ketahui bahwa seleksi masuk PTN tahun 2013 ini terdiri dari 3 jenis, yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Neger), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan Jalur Mandiri. Untuk SNMPTN, hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 28 Mei 2013. Bila kalian tidak lulus jalur SNMPTN masih ada jalur yang bisa kalian tempuh, yaitu SBMPTN. Seleksi SBMPTN menggunakan ujian tulis (berbeda dengan SNMPTN tanpa ujian tulis, hanya menggunakan nilai rapor dan nilai UN).

Untuk bisa lulus melalui jalur SBMPTN tentu kalian harus mempersiapkan secara matang untuk mengahadapi ujian tulis. Ada beberapa jenis ujian SBMPTN.

Jenis Ujian

Ujian Tertulis

  • Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Ujian Keterampilan

  • Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.
  • Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.

Untuk membantu kalian mempersiapkan ujian tulis SBMPTN, di bawah ini saya berikan tautan unduhan prediksi atau latihan soal SBMPTN 2013

Unduh Prediksi SBMPTN 2013

Tulisan Terkait

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 15 Mei 2013, in Info PTN, SBMPTN, SNMPTN and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Tinggalkan Komentar