Keterampilan Dalam Matematika

Dari sejak awal diberlakukan kurikulum 2013 timbul pertanyaan keterampilan dalam matematika sebenarnya seperti apa? Dalam mata pelajaran fisika, bilogi, kimia atau pendidikan jasmani kesehatan dan olahraga dapat mudah dipahami aspek keterampilannya.

Untuk membahas keterampilan dalam matematika terlebih dahulu kita baca dan pahami permendikbud nomor 54 tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), yang berbunyi seperti ini:

SKL SMA

Kata kuncinya kemampuan pikir dan tindak. Jadi keterampilan yang dimaksud dalam kurikulum 2013 itu ada 2 jenis yaitu keterampilan berpikir dan keterampilan bertindak/keterampilan fisik/keterampilan motorik.

Sekarang kita telaah Kompetensi Dasar (KD) dalam Matematika Umum. Saya akan menuliskan beberapa KD dalam matematika umum.

Kelas X

4.1. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel

4.2. Menyelesaikan   masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variable

4.3. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan daerah asal dan daerah hasil fungsi

Kelas XI

4.1. Menggunakan logika matematika dan pernyataan berkuantor, serta penalaran formal (penalaran induktif, penalaran deduktif, dan contoh penyangkal) untuk menguji validitas argumen yang berkaitan dengan masalah kontekstual

4.2. Menggunakan metode pembuktian untuk menguji kesahihan pernyataan matematis

4.3. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear dua variabel

Kelas XII

4.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar dengan menggunakan aturan sinus dan cosinus serta sifat-sifat transformasi geometri

4.2. Menentukan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)

4.3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram.

Bila kita amati dan kita telaah semua KD keterampilan dalam matematika itu adalah keterampilan menyelesaikan soal. Boleh dikatakan semuanya adalah keterampilan berpikir.

Struktur KD dalam Kurikulum 2013 revisi selalu dibuat berpasangan. Mari kita telaah pasangan KD berikut:

3.10.   Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi.

4.10.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar.

KD 3.10 adalah KD pengetahuan, yang dipelajari adalah dasar-dasar tentang turunan fungsi aljabar dan sifat-sifatnya.

KD 4.10 adalah KD keterampilan, yaitu keterampilan dalam menyelesaikan soal tentang turunan fungsi aljabar.

Dalam kurikulum 2006 tidak dibedakan mana pengetahuan mana keterampilan (berpikir), yang ada hanyalah aspek kognitif. Jadi aspek pengetahuan dan keterampilan (berpikir) dalam matematika dalam kurikulum 2006 masuk ke dalam aspek kognitif, tidak dipisah atau merupakan satu kesatuan.

Secara pribadi, sebenarnya saya lebih setuju dengan kurikulum 2006 masalah aspek ini. Saya lebih setuju matematika itu tidak perlu dipisah menjadi pengetahuan dan keterampilan, karena konsep dasar pengetahuan matematika dan keterampilan menyelesaikan itu satu kesatuan. Misalkan siswa nilai matematika dapat 90, itu artinya konsep dasarnya pengetahuannya bagus, keterampilan menyelesaikan soal juga bagus. Konsep dasar pengetahuan dan keterampilan menyelasikan soal itu sebenarnya berkaitan erat.

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 8 Juni 2016, in Kurikulum, kurikulum 2013, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s