Standar Isi

Di posting  terdahulu tentang SKL kurikulum 2013, telah saya paparkan bahwa terdapat 3 dimensi dalam SKL, yaitu dimensi sikap, dimensi pengetahuan dan dimensi keterampilan. SKL merupakan dasar atau acuan pengembangan standar-standar lain, termasuk Stndar Isi, dengan kata lain Itandar Isi dikembangkan berdasarkan SKL. Standar Isi  merupakan kriteria mengenai ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi peserta didik untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu (Lampiran permendikbud nomor 22 tahun 2016 halaman 2). Standar Isi terdiri dari Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan tertentu (Permendikbud nomor 22 tahun 2016 Pasal 1 ayat (1)).

Komponen Standar Isi

Komponen Standar Isi ada 2 yaitu Kompetensi Inti dan  ruang lingkung materi. Kompetensi Inti terdiri dari 4, yaitu Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan. SKL 2013 terdiri dari 3 dimensi, yaitu dimensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada standar isi dimensi sikap dipilah menjadi dua, yaitu sikap spiritual dan sikap sosial, sehingga Kompetensi Inti terdri dari 4 seperti di atas.

Komponen Standar Isi dapat digambarkan sebagai berikut:

Kompetensi Inti

Kompetensi Inti, yang selanjutnya saya sebut KI tiap-tiap tingkat kompetensi berbeda, dalam arti tingkat kompetensu  SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MK berbeda dalam degradasi namun substansinya sama, yaitu 4 Kompetensi Inti.  Tingkat kompetensi ini dapat diartikan sebagai jenjang. Jadi terdapat 4 tingkat kompetensi atau 4 jenjang, yaitu tingkat kompetensi (jenjang) (1) SD dan sederajat, (2) SMP dan sederajat, (3) SMA dan sederajat serta (4) SMK dan sederajat. Berikut ini saya tuliskan KI untuk tiap Tingkat Kompetensi.

1. KI Tingkat Kompetensi SD/MI/SDLB/Paket A

Kompetensi Inti Deskripsi Kompetensi
Sikap Spiritual 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Sikap Sosial 2. Menunjukkan perilaku:

a. jujur,

b. disiplin,

c. santun,

d. percaya diri,

e. peduli, dan

f. bertanggung jawab

dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.

Pengetahuan 3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara :

a. mengamati,

b. menanya, dan

c. mencoba

berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

Keterampilan 4.   Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak:

a. kreatif

b. produktif,

c. kritis,

d. mandiri,

e. kolaboratif, dan

f. komunikatif

dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

 

2. KI Tingkat Kompetensi SMP/MTs/SMPLB/Paket B

Kompetensi Inti Deskripsi Kompetensi
Sikap Spiritual 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Sikap Sosial 2. Menunjukkan perilaku:

a. jujur,

b. disiplin,

c. santun,

d. percaya diri,

e. peduli, dan

f. bertanggung jawab

dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

Pengetahuan 3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang:

a. ilmu pengetahuan,

b. teknologi,

c. seni,

d. budaya

Keterampilan 4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara:

a. kreatif

b. produktif,

c. kritis,

d. mandiri,

e. kolaboratif, dan

f. komunikatif,

dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori

 

3. KI Tingkat Kompetensi SMA/MA/SMALB/Paket C

Kompetensi Inti Deskripsi Kompetensi
Sikap Spiritual 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Sikap Sosial 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku

a. jujur,

b. disiplin,

c. santun,

d. peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),

e. bertanggung jawab,

f. responsif, dan

g. pro-aktif,

Dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.

Pengetahuan 3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang

a. ilmu pengetahuan,

b. teknologi,

c. seni,

d. budaya, dan

e. humaniora

Dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

Keterampilan Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara:

a. efektif,

b. kreatif,

c. produktif,

d. kritis,

e. mandiri,

f. kolaboratif,

g. komunikatif, dan

h. solutif,

Dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.

4. KI Tingkat Kompetensi SMK/MAK

Kompetensi Inti Deskripsi Kompetensi
Sikap Spiritual 1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Sikap Sosial 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Pengetahuan 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian pada bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
Keterampilan 4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara:

a. efektif,

b. kreatif,

c. produktif,

d. kritis,

e. mandiri,

f. kolaboratif,

g. komunikatif, dan

h. solutif,

Dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Ruang Lingkup Materi

Komponen Standar Isi selain KI adalah  ruang lingkup materi, yang berisi pokok-pokok materi yang harus dibelajarkan. Ruang lingkup materi ini dikelompokkan dalam bentuk mata pelajaran.

Ruang lingkup materi ini ada 2, yaitu:

A.  Tingkat Kompetensi Ruang Lingkup Materi pada SD/MI/SDLB/PAKET A, SMP/MTs/SMPLB/PAKET B, SMA/MA/SMALB/PAKET C, dan SMK/MAK.

B.  Tingkat Kompetensi Dan Ruang Lingkup Materi pada Bidang Keahlian SMK/MAK

Untuk poin A, ruang lingkup materi dijabarkan dalam bentuk mata pelajaran sebagai berikut

  1. Agama
  2. Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Matematika
  5. Fisika
  6. IPS
  7. Bahasa Inggris
  8. Seni Budaya dan Prakarya
  9. Seni Budaya
  10. Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Olahraga
  11. Prakarya
  12. Bahasa Asing lainnya.

Masing-masing mata pelajaran di atas dijabarkan lagi per tingkat kompetensi (jenjang).

Untuk poin B, dijabarkan sebagai berikut:

  1. Fisika, untuk Bidang Keahlian (1) Teknologi dan Rekayasa (2) Teknologi Komunikasi dan Komunikasi (3) Agribisnis dan Agroteknologi (4) Perikanan dan Kelautan (5) Kesehatan
  2. Kimia, untuk Bidang Keahlian (1) Teknologi dan Rekayasa (2) Teknologi Komunikasi dan Komunikasi (3) Agribisnis dan Agroteknologi (4) Perikanan dan Kelautan
  3. Bilogi, untuk bidang (1) Agribisnis dan Agroteknologi (2) Perikanan dan Kelautan (3) Kesehatan
  4. Gambar Teknik, untuk Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa
  5. Sistem Komputer
  6. Pemrograman Dasar, untuk Bidang Keahlian Teknologi Komunikasi dan Komunikasi
  7. Pengantar Administrasi Kantor, untuk bidang keahlian Bisnis dan Managemen
  8. Pengantar Ekonomi dan Bisnis, untuk bidang keahlian Bisnis dan Managemen
  9. Pengantar Akutansi, untuk bidang keahlian Bisnis dan Managemen
  10. IPA Aplikasi, untuk bidang keahlian Pariwisata
  11. Pengantar Pariwisata, untuk bidang keahlian Pariwisata
  12. Dasar-Dasar Desain, untuk bidang keahlian Seni Rupa dan Kria
  13. Pengetahuan Bahan, untuk bidang keahlian Seni Rupa dan Kria
  14. Ekonomi Kreatif, untuk bidang keahlian Seni Rupa dan Kria
  15. Wawasan Seni, untuk bidang keahlian Seni Pertunjukan
  16. Tata Teknik Pentas, untuk bidang keahlian Seni Pertunjukan
  17. Managemen Pertunjukan, untuk bidang keahlian Seni Pertunjukan

 

Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 14 Oktober 2017, in Kurikulum, kurikulum 2013, Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. untuk Tingkat Kompetensi Ruang Lingkup Mater saya agak kurang faham dgn no 8,9 dan 11…mohon penjelasan nya (bedanya)

  2. Detailnya 8, 9 dan 11 saya juga belum baca. Bila kita baca di permen 21 tahun 2016 pasti ketemu bedanya.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s