90 Ribu Kursi di PTN Diperebutkan dalam SBMPTN 2013

sbmptnJakarta — Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh 62 perguruan tinggi negeri (PTN) dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan serentak melalui ujian tertulis. Pendaftaran SBMPTN 2013 dilakukan secara daring/online melalui situs http://ujian.sbmptn.or.id. Diperkirakan, sekitar 600 ribu peserta SBMPTN akan memperebutkan 90 ribu kursi di 62 PTN seluruh Indonesia.

“Tahun kemarin (peserta) 618 ribu,” terang Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN 2013, Akhmaloka, saat menggelar jumpa pers di Hotel Atlet Century, (9/5), Jakarta. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu memperkirakan, jumlah peserta tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun lalu.

Skema ujian masuk PTN pada tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun lalu ada dua jenis ujian, yaitu Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan seleksi Mandiri, maka tahun ini ada tiga jenis ujian dengan adanya SBMPTN. “SNMPTN pada tahun ini sebenarnya disebut jalur undangan pada tahun lalu,” katanya. Sedangkan SBMPTN pada tahun ini adalah jalur tertulis pada tahun lalu.

Lebih lanjut Akhmaloka menjelaskan, ada beberapa perbedaan antara SNMPTN 2012 jalur tertulis dengan SBMPTN. Pada SNMPTN 2012, kelompok program studi pilihan calon mahasiswa ada dua, yaitu IPA dan IPS, sedangkan pada SBMPTN namanya berubah menjadi Saintek (Sain dan Teknologi) dan Soshum (Sosial dan Humaniora). Sehingga nama kelompok ujian untuk peserta pun berubah, dari IPA/IPS/IPC, menjadi Saintek/Soshum/Campuran. Yang menarik, semua kelompok ujian di SBMPTN memperbolehkan calon mahasiswa memilih tiga program studi, sedangkan SNMPTN 2012 hanya boleh memilih dua program studi untuk kelompok ujian IPA dan IPS. Pilihan tiga program studi hanya diperbolehkan untuk peserta dengan kelompok ujian IPC.

Pendaftaran SBMPTN 2013 dilakukan melalui situs http://ujian.sbmptn.or.id , yang dibuka mulai 13 Mei 2013 pukul 08.00, hingga 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB. Pelaksanaan ujian tertulis akan berlangsung pada 18-19 Juni 2013, dan hasilnya akan diumumkan pada 12 Juli 2013, pukul 17.00 WIB secara daring. “Pengumuman akan kita lakukan secara online dan melalui media cetak,” jelas Akhmaloka. Ia menuturkan, beberapa media massa cetak sudah meminta panitia SBMPTN untuk bekerja sama dengan mereka dalam mengumumkan daftar kelulusan SBMPTN 2013 melalui media massa

Sumber:http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/1317

Tulisan Terkait

Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 13 Mei 2013, in Info PTN, SNMPTN and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s