Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)

K13Banyak guru yang salah faham tentang kurikulum 2013. Banyak yang menyangka bahwa kurikulum 2013 itu bukan KTSP, sehinngga muncul pertanyaan apa sih perbedaan kurikulum 2013 dengan KTSP. Sebenarnya kurikulum 2013 itu adalah penyempurnaan dari KTSP, dengan demikian kurikulum 2013 itu merupakan bagian dari KTSP. Dengn diberlakukannya kurikulum 2013 bukan berarti satuan pendidikan (sekolah) tidak perlu membuat kurikulum lagi. Satuan pendidikan tetap membuat kurikulum. Kurikulum yang dibuat oleh satuan pendidikan itulah yang disebut KSTP. Tentu saat ini KTSP yang dibuat oleh sekolah berisi 2 muatan kurikulum yaitu kurikulum lama (2006) dan kurikulum baru (2013). Ketika semua kelas sudah menerapkan kurikulum 2013 maka muatan kurkulum di KTSP hanya memuat kurikulum 2013.

Sehubungan dengan pembuatan KTSP di sekolah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menerbitkan Permendikud Nomor 61 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Khusus untuk pengembangan KTSP kurikulum 2013 diatur sebagai berikut:

Komponen KTSP meliputi 3 dokumen. Dokumen 1 yang disebut dengan Buku I KTSP berisi sekurang-kurangnya visi, misi, tujuan, muatan, pengaturan beban belajar, dan kalender pendidikan. Dokumen 2 yang disebut dengan Buku II KTSP berisi silabus dan dokumen 3 yang disebut dengan Buku III KTSP berisi rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun sesuai potensi, minat, bakat, dan kemampuan peserta didik di lingkungan belajar. Penyusunan Buku I KTSP menjadi tanggung jawab kepala sekolah/madrasah, sedangkan penyusunan Buku III KTSP menjadi tanggung jawab masing-masing tenaga pendidik. Buku II KTSP sudah disusun oleh Pemerintah.

Panduan penyusunan KTSP diatur dalam Permendikbud Nomor 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Menengah yang dapat diunduh pada tautan ini

Tulisan Terkait

Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 9 September 2014, in Pendidikan, Peraturan Perundangan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. Muhammad Nurrachmat WS, M.Hum

    Kenalkan saya M. Nurrachmat WS guru SMA Negeri 8 Yogyakarta. saya salah satu guru yang ikut serta di Dir P SMA terlibat dalam bintek baik kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013 (penyempurnaan KTSP). perlu diketahredar diketahui bahwa permendikbud nomor 59, 61 sudah beredar di internet. Permendikbud tersebut belum ditandatangani secara resmi oleh Menteri dan juga belum ada salinannya. Informasi yang saya ketahui bahwa permendikbu tersebut termasuk permendikbud yang lain tahuh 2014 boleh dipahami tetapi jangan diedarkan karena masih terdapat banyak hal yang harus direvisi baik dari segi subtansi dan bahasa. Lebih lebih dengan menyatakan bahwa SETELAH TERBITNYA PERMENDIKBUD INI, PERMENDIKBUD NOMOR 81A TIDAK BERLAKU. Pernyataan itu sangat salah. Permen 81A tetap berlaku. demikian pemberitahaun saya semoga bermanfaat. CP saya 0818468186

  2. Mohon maaf Pak Nurachmat, Permen 59, 61 thn 2014 suah diuandangkan dan sudah ada salinannya. Hal ini dapat dilihat di tautan resmi kemdikbud http://hukor.kemdikbud.go.id/diknasrokum/index.php/peraturan-perundangan
    Permen 57, 58, 59, 60, 61, 62, 63, 64 tahun 2014 sudah disahkan tanggal 2 JULI 2014

  3. Terimakasih telah berbagi ilmu dan informasi.Kami sbg pelaksana di lapangan sangat berharap pak mentri tdk mudah mengubah / membatalkan permendikbud yg belum tuntas diimplementasikan..misal permendikbud 69 tk 2013 diganti 59 th 2014, ada dampak biaya (cost) yg hrs dikeluarkan sekolah seindonesia..

  4. kami bersyukur adanya info kurikulum di OL sehinggah kami bisa mengikuti terus perkembangan yang terjadi

  5. mochamadmudjiono

    Trims, bisa buat referensi.

  1. Ping-balik: Kurikulum 2013 Untuk Sma Bahasa Indonesia - Website Sekolah Dasar

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s