Kurikulum 2013: Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

kurikulum2013Desain Induk Kurikulum 2013 sudah saya posting beberapa minggu yang lalu. Mungkin pengunjung blog ini peasaran seperti apa sih Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013? Baiklah kali ini saya posting kelanjutan Kurikulum 2013, yaitu tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar.

Pada kurikulum 2013 ada beberapa istilah yang muncul sebagai pengganti istilah lama, misal jurusan diganti dengan istilah peminatan. Standar Kompetensi diganti dengan Kompetensi Inti. Ada perebedaan perumusan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar antara Kurikulum 2013 dan KTSP. Dalam perumusan KI dan KD sudah disisipkan “Pendidikan Budaya dan Karakter Bangasa”

Berikut ini contoh perumusan KIKD dalam matematika SMA/MA

KI 2

Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KD 2.1

Melatih diri memiliki pola hidup yang disiplin, konsisten dan jujur sebagai dampak mempelajari konsep dan aturan eksponen dan logaritma serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

Selengkapnya mengenai Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) Kurikulum 2013 dapat diunduh melalui tautan di bawah ini

Update 9 Februari 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) SD/MI

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) SMP/MTs

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) SMA/MA

Update 3 Maret 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) SD/MI

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) SMP/MTs

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) SMA/MA

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) SMK

Tulisan Terkait

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 24 Februari 2013, in Kurikulum and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. Ijin download KIKD-nya pak..

  2. Mantapp.. sumbernya dari mana ni pak? tq

  3. Saya dapat KIKD tersebut dari urip.wordpress.com

  4. ma kasih pak ….. ijin download KIKD kur 2013

  5. Downlaoaded telah dilakukan, …. lupa izinnya, ….iziiin yaa

  6. makasih udah di ijinkan download. semoga menjadi amal kebaikan yang terus dicatat selama saya meggunakan kurikulum ini.

  7. tq infonya pak yaa. ijin download pak…

  8. KIKD untuk SMK sudah di up date kah pak?

  9. Yati suryati, S.Kom

    As. Penerapan kurikulum 2013 diberlakukan awal pelajaran 2013, namun kami ingin mengetahui lebih jauh mengenai isi kurikulum tersebut, terutama KIKD untuk Bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi. karena kami sudah mencoba mencari (browsing) belum mendapatkan KIKD tersebut. Yang ada hanya Struktur Kurikulum 2013. Dimana struktur tersebut tidak dilengkapi dengan KIKD. Oleh karena itu mohon dapat diperlihatkan KIKD untuk BidangStudi keahlian Teknologi Informasi dan komunikasi. Atas informasinya diucapkan terima kasih.

  10. mantap, hohon di ijinkan untuk download, terimaksih.

  11. Endang Kurnia

    Terima kasih pak sudah membantu, izin download ya pak …

  12. Tolong di aplod kan silabus tema 3 yg kurikulum 2013 untuk SD donk.., pleas..!!!!

  13. mochamad samsul hudah

    Mohon Ijin Download KI KD SMA KURTILAS

  1. Ping-balik: Download Gratis Soal Tes Kompetensi Dasar | Kuplux's

Tinggalkan Komentar