Permendikbud No 59 Tahun 2014 Sebagai Pengganti Permendikbud No 69 Tahun 2013

Seperti kita ketahui bersama bahwa Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum (2013) SMA/MA diatur dalam permendikbud no 69 tahun 2013. Di dalam permendikbud tersebut muncul beberapa istilah baru, beberapa istilah memang beda konsepnya dengan kurikulum lama, namun beberapa istilah konsepnya sama dengan kurikulum lama.

Beberpa istilah itu adalah Peminatan Matematika dan Ilmu Alam, yang sering disingkat dengan MIA, Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial yang sering disingkat dengan IIS dan Peminatan Ilmu Bahasa dan Budaya yang sering disingkat IBB. Singkatan-singkatan MIA, IIS dan IBB sudah akrab bagi guru yang sekolahnya sudah menerapkan Kurkulum 2013 sejak tahun 2013. Perhatikan screen shoot di bawah ini:

minat1

Selain itu muncul juga istilah Mata Pelajaran Wajib, yang terdiri dari Wajib A dan Wajib B. Perhatikan screen shoot berikut ini:

minat2

Namun istilah-istilah itu akan segera berubah dengan akan diterbitkannya permendikbud no 59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Saya katakan akan diterbitkan, karena pada saat tulisan ini saya posting permendikbud tersebut belum disyahkan. Walaupun belum disyahkan, tidak ada salahnya kita “mengintip” isi permendikbud nomor 59 tahun 2014 tersebut.

Istilah-istilah Matematika dan Ilmu Alam (MIA) akan berubah menjadi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) akan berubah menjadi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kedua istilah ini kembali ke istilah lama. Sementara itu IBB tidak berubah. Selain itu Mata Pelajaran Wajib berubah istilah menjadi Mata Pelajaran Umum. Perhatikan screen shoot di bawah ini:minat3

minat4

Kita jadi ingat tentang perubahan SMP menjadi SLTP kemudian berubah lagi menjadi SMP. Begitu juga SMA berubah menjadi SMU dan kembali lagi ke SMA.

Lebih lanjut permendikbud nomor 59 tahun 2014 berisi hal-hal sebagai berikut:

  1. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013
  2. Silabus SMA/MA
  3. Pedoman Mata Pelajaran SMA/MA

Dengan diberlakukannya permendikbud no 59 tahun 2014 maka permendikbud nomor 69 tahun 2013 dicabut.

Permendikbud tahun 2014 termasuk permendikbud nomor 59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah dapat diunduh di tautan ini

 

 

Tulisan Terkait

Iklan

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 7 September 2014, in Kurikulum, Peraturan Perundangan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. permendikbud 57 s.d. 60 tahun 2014 sudah resmi ditetapkan tgl 2 juli 2014 menggantikan permendikbud 67 s.d. 70 tahun 2013, dan sudah diundangkan tgl 11 juli 2014 oleh menkumham

  2. Yang saya tahu nomor 57 hingga 64.
    67 hingga 70 tentang apa ya Pak Saiful?

  3. Permendikbud 81a tahun 2013 belum tuntas semuanya dan dipahami betul ,kok sudah diganti lagi dengan permen baru

  4. Pak Fatur, kebetulan Bapak guru matematika. Saya mau nanya nih Pak, perihal buku matematika SMA baik kelas X dan XI, peminatan IPS/IIS itu ada 6 bab yg harus diajarkan, padahal kita tahu satu semester itu tidak ada 5 bln apalagi harus dipotong UH, UTS dan US, sedangkan pelaksanaan K13 kita harus menggukan pembelajaran sainstific, Gimana caranya kalau materinya 6 bab gitu, berbagi pengalaman donk Pak. dan permendikbud 59 ini secara utuh belum bisa di downloud Pak ?

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s