Quipper School, Kelas Online Siap Saji

Quipper

Mengenal Elearning

ELearning disebut juga pembelajaran elektronik atau pembelajaran online adalah pembelajaran yang menggunakan intranet. Dengan Elearning pembelajaran tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu. Pembelajar tidak harus bertemu langsung secara fisik dengan pengajar. Pembelajaran dapat belajar kapan dan di mana saja. Dari jarak jauh pengajar dapat mengontrol kegiatan pembelajar, baik ketika mempelajari materi maupun mengerjakan soal-soal secara online.

Ditinjau dari sistemnya ada 3 (tiga) jenis Elearning, yaitu

  1. Menyiapkan sistem dan konten. Jenis elearning ini kita perlu membuat sebuah website tersendiri. Untuk membuat website ini diperlukan sebuah script atau program yang disebut LMS (Learning Management System). Adapun LMS yang paling sering digunakan adalah Moodle. Website yang telah dibuat itulah yang disebut dengan sistem. Setelah sistem dibuat, pengelola masih perlu mengisi sistem itu yang disebut dengan konten. Konten itu dapat berupa bahan ajar maupun soal-soal.
  2. Tidak perlu menyiapkan sistem namun cukup menyiapkan konten. Jenis elearning, kita tidak perlu membuat website sendiri, karena website sudah tersedia. Banyak sekali elearning jenis ini, misalnya Edmodo, Schoology, Kelase (produk dalam negeri) dan lain sebagainya. Website (sistem) sudah tersedia, namun kita masih perlu mengisi kontennya.
  3. Tidak perlu menyiapkan sistem maupun konten. Jenis elearning ini sangat praktis dan merepotkan, karena website dan konten sudah siap, tinggal digunakan. Contoh jenis elearning ini adalah Khan Academy dan Quipper School.

Mengenal Quipper School

Qupper School didirikan di London pada tahun 2010 oleh orang Jepang, Masa Watanabe, mempunyai 120 pegawai yang tersebar di London, Tokyo, Manila, Jakarta dan Meksiko. Qupper mempunyai 3 layanan yaitu:

  1. Layanan Pembuatan Konten
  2. Layanan Monitoring Oleh Guru
  3. Layanan Fasilitas Belajar Bagi Siswa

Secara beratahap, konten sudah disiapkan oleg pihak quipper, baik bahan ajar maupun bahan uji, namun guru masih bisa membuatnya sendiri bila diperlukan.

Guru dapat memonitoring kapan dan di mana saja kegiatan belajar siswa serta nilai siswa. Guru juga akan mendapatkan laporan otomatis hasil belajar siswa melalui email. Selain itu bisa juga dilihat persentasi penguasaan soal per butir, sehingga guru akan segera mengetahui materi mana yang belum dikuasai siswa untuk mendapatkan tindak lanjut.

Siswa dapat belajar kapan dan di mana saja, asalkan ada koneksi internet. Siswa dapat membaca materi secara online dan mengerjakan soal secara online.

Bila Bapak/Ibu guru penasaran ingin mengetahui fitur-fitur quipper school silakan segera mendaftar di tautan berikut ini:

Daftar Quipper School

Iklan

About Fatur Thok

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 12 Agustus 2015, in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s