Memeriksa Data Ganda Pada Excel

Tulisan ini bermula ketika saya membantu SMAN 1 Kayangan untuk melakukan pendataan dengan menggunakan PAS (Paket Aplikasi Sekolah). Salah satu langkah penting pengisian PAS adalah import bio data siswa. Setidaknya ada 2 syarat yang harus dipenuhi agar proses import berhasil, yaitu pengisian data sesuai dengan ketentuan dan tidak boleh ada data ganda. Masalah yang kami temui waktu itu adalah adanya nomor induks siswa (NIS) ganda, sehingga proses import tidak pernah berhasil. Untuk itu harus diperiksa NIS mana yang ganda dan selanjutnya diperbaiki.

Untuk memcahkan masalah tersebut saya konsultasi dengan guru saya yaitu Om Google. Setelah saya browsing, saya tuangkan dalam tulisan

Memeriksa Data Ganda Pada Excel

Misal ada data seperti di bawah ini

ganda1

Kita akan memeriksa apakah terdapat data ganda pada data yang tersedia.

Pada sel B1 ketiklah perintah

=IF(MAX(COUNTIF($A$1:$A$9,$A$1:$A$9))>1,”GANDA”,” “)

$A$1:$A$9 adalah range yang diperiksa. Tanda $ ditambahkan agar range tidak berubah ketika rumus dicopy

Setelah itu akan muncul hasilnya seperti di bawah ini:

ganda2

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 10 Maret 2013, in IT and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Komentar