Bukuku

Saat ini dunia digital berkembang dengan pesat. Perkembangan ini juga merambah dalam dunia pendidikan. Sekolah didorong untuk menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer, yang kita kenal dengan UNBK. Untuk itu sejak dini siswa harus dibekali dengan pemanfaatan digital untuk pembelajaran. Pembelajaran itu sering disebut dengan eLearning atau pembelajaran elektronik, yaitu pembelajaran yang menggunakan perangkat digital dan koneksi jaringan.

Untuk menyelenggarakan eLearning dibutuhkan juga kelas sebagaimana pembelajaran konvensional. Kelas itu disebut dengan kelas digital. Untuk membangun kelas digital diperlukan suatu aplikasi yang disebut dengan LMS (Learning Management System). Salah satu LMS yang saya rekomendasikan adalah Google Classroom dan Schoology.

Google Classroom adalah LMS besutan Google. Ciri khas Google adalah kesederhanaan (hingga mudah digunakan) dan kecepatan akses. Google Classroom terintegrasi dengan semua layanan Google seperti Google Drive, Google Formulir dan Youtube. Oleh karena itu memudahkan pengelolaan bahan ajar dan bahan uji.

Saya telah menulis buku mengenai Google Classroom dengan judul “GOOGLE CLASSROOM: Jadikan Kelas Digital di Genggaman Anda“. Buku ini merupakan buku yang pertama ada di Indonesia, bahkan mungkin di dunia. Buku ini merupakan tutorial penggunaan Google Classroom yang disertai dengan video. Di buku dibahas mengenai:

1. Mengelola kelas
2. Mengelola topik
3. Mengunggah materi
4. Mengembangkan soal.
5. Memberikan nilai
6. Memeriksa pekerjaan siswa.

Yang teristimewa dari buku itu adalah tutorial mengoptimalkan google formulir untuk uji online dengan koreksi otomatis.

Schoology adalah LMS kaya fitur didukung oleh editor yang lengkap termasuk LaTeX untuk menulis equation (simbol matematika). Schoology juga didukung dengan fitur pengelolaan folder yang semudah Windows Explorer. Fitur Schoology hampir seperti Moodle, namun dengan Schoology tidak ribet urusan server.

Saya telah menulis buku mengenai Google Classroom dengan judul “Learning Management System SCHOOLOGY: Membangun Kelas Digital Tanpa Ribet Urusan Server“. Buku ini merupakan tutorial penggunaan Schoology yang disertai dengan video yang membahasa tentang:
1. Mengenal schoology
2. Membuat kelas
3. Membuat soal
4. Membuat folder
5. Mengelola buku nilai
6. Memberi dan membuat lencana.
7. Menulis ekspresi matematika

Buku itu dibundling dengan harga Rp130.000 sudah termasuk free ongkos kirim, free video tutorial dan free konsultasi, serta diserta bonus-bonus yang lain, di anataranya kumpulan karya ilmiah dan ebook terpilih tentang pendidikan.

Nara hubung 087 864 476 060

Iklan