Pengaturan Jumlah Peserta Dalam Ruang UN 2013

Dari tahun ke tahun pengaturan jumlah peserta dalam ruang UN (Ujian Nasional) selalu berubah. Pada tahun lalu aturannya adalah sangat simple, yaitu ruang terakhir minimal berisi 10 peserta. Ternyata bila pola itu diterapkan pada UN 2013 akan sangat membengkakkan anggaran, karena waktu itu banyak sisa naskah soal yang tidak dipakai. Misal bila jumlah peserta adalah 27 maka ditempatkan pada 2 ruang, ruang pertama berisi 17 peserta dan ruang kedua berisi 10 beserta. Ruang pertama dapat soal amplop besar yang berisi 20 soal dan ruang kedua dapat soal amplop kecil yang berisi 10 soal. Di ruang pertama terdapat sisa naskah soal sebanyak 3. Inilah yang dimaksud dengan pemborosan itu.

Untuk mengurangi pemborosan itu maka untuk UN 2013 pengaturan jumlah peserta dalam ruang UN diatur sebagai berikut:

  1. Setiap ruang ujian diisi sebanyak 20 peserta. Bila peserta ujian lebih dari 20 peserta dan kelipatannya maka pembagian ruang untuk sisa peserta diatur sebagai berikut:peserta (FILEminimizer)
  2. Untuk sekolah/madrasah yang menggabung pengaturan ujian terpisah dengan sekolah/madrasah penyelenggara.

Selengkapnya dapat dibaca pada edaran yang dikeluarkan oleh BSNP yang dapat diunduh melalui tautan di bawah ini

Penjelasan Pelaksanaan UN 2013

Bisa juga Anda baca langsung di bawah ini

Tulisan Terkait

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 2 April 2013, in Kabar UN and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Komentar