Mengatasi Kekurangan Naskah Soal UN 2013

Ujian NasionalUN (Ujian Nasional) adalah agenda yang setiap tahun harus kita selenggarakan. Ketika UN berlangsung kadang ada saja kendala yang dapat menghambat kelancaran UN, misalnya kekurangan soal. Lantas bagaimana cara mengatasi kekurangan soal? Untuk itu BSNP sudah mengeluarkan edaran tentang Penjelasan Pelaksanaan UN 2013

Perlu diketahui bahwa UN 2013 tidak ada yang namanya soal cadangan dalam amplop terseniri. Di tiap ruangan diberikan 1 set soal cadangan. Bila dalam ruangan berisi 6 peserta UN maka amplop berisi 7 set soal.

Adapun langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk mengatasi kekurangan naskah soal UN 2013 adalah:

1. Ambilkan soal cadangan. Di setiap ruangan ada 1 set soal cadangan

2. Bila masih gak cukup ambilkan di ruangan lain

3. Bila masih gak cukup ambilkan di sekolah lain terdekat.

4. Bila ketiga langkah tersebut sudah ditempuh dan masih kekurangan soal maka soal cadangan boleh difotokopi.

5. Bila tidak ada mesin foto kopi maka siswa yang tidak kebagian soal menunggu sampai semua siswa selesai mengerjakan soal, kemudian ambil salah satu soal dan kerjakan langsung di soal tersebut (bukan di LJUN).

Yang perlu diperhatikan bahwa soal yang diambil dari ruang lain atau dari sekolah lain harus satu set dengan LJUN. Begitu pula ketika foto kopi juga harus satu set dengan LJUN.

Tulisan Terkait

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 5 April 2013, in Kabar UN and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Komentar