Menulis Rumus Atau Ekspresi Matematika Di Website Atau Blog

Menulis rumus atau ekspresi matematika di website atau blog tidaklah sulit. Bila kita sudah terbiasa menggunakan equation editor di Microsoft Word untuk menulis rumus atau ekspresi matamatika maka menulis rumus atau ekspresi matematika di website atau blog akan terasa mudah, karena caranya hampir sama. Untuk menulis rumus atau ekspresi matematika di website atau blog diperlukan kode LaTeX. Pada umumunya blogger sering menggunakan codecogs untuk mendapatkan kode LaTeX. Namun cara itu masih agak menyulitkan bagi yang belum kenal sama sekali dengan LaTeX. Berikut ini ada cara yang sangat mudah untuk menulis rumus matematika di website atau blog, yaitu dengan menggunakan Daum Equation Editor.

Daum Equation Editor adalah aplikasi merupakan aplikasi ekstensi untuk perambah (browser) Google Chrome. Untuk mencari aplikasi ekstensi untuk Google Chrome juga tidak sulit. Tinggal Klik icon Chrome Web Store, selanjutnya ketiklah kata kunci Daum Equation Editor di pencarian yang terletak di sebelah kiri atas. Setelah itu akan muncul aplikasi ekstensi Daum Equation Editor, selanjutnya klik Add to Chrome (Tambah ke Chrome). Tunggu beberapa saat sampai muncul Ektensi Daum Equation Editor di Google Chrome Anda, sehingga tampilan Google Chrome Anda seperti di bawah ini.

Latex (FILEminimizer)

Untuk membuka aplikasi Daum Equation Editor tinggal klik iconnya, maka tampilannya seperti di bawah ini.

Latex2 (FILEminimizer)

Perhatikan gambar di atas! Terdapat 3 area di aplikasi Daum Equation Editor yaitu:

  1. bagian atas yang disebut tool bar,
  2. bagian tengah warna putih, area tempat menulis rumus atau ekspresi matematika, dan
  3. bagian bawah warna abu yang berisi kode yang disebut kode LaTeX

Untuk menulis rumus matematika di Daum Equation Editor caranya sama dengan menulis di Microsoft Word, kita tinggal klik icon di tool bar. Misal dalam contoh di atas saya menulis ekspresi limit. Bersamaan dengan menulis rumus atau ekspresi matematika maka di area bagian bawah (warna abu) secara otomatis muncul kode LaTeX. Kode LaTeX inilah yang nantinya kita pasang di website atau blog, dengan menambahkan kode tertentu di awal dan di akhir, yang mana penambahan kode tersebut tergantung dari platform website atau blog yang kita punya. Penambahan kode itu adalah sebagai berikut:

  1. WordPress.com, tambahan kode diawal: [*latex], diakhir: [*/latex] (tanpa bintang)
  2. WordPress.org, tambahan kode di awal: [*latex], di akhir: [*/latex] (tanpa bintag)
  3. Edmodo.com, tambahan kode di awal: [math], di akhir: [/math]
  4. Blogspot, tambahan kode di awal: <*img src=”http://latex.codecogs.com/gif.latex? (tanpa *), diakhir: “/*> (tanpa *)
  5. phpBB, tambahan kode di awal:[tex], diakhir: [/tex]

Misalkan kita akan menulis ekspresi matematika \lim _{ x\longrightarrow3}{\frac{{x}^{2}-9}{x-3}} di wordpress, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Google Chrome
  2. Buka Aplikasi Daum Equation Editor
  3. Ketiklah ekspresi matematika tersebut di area tempat menulis rumus, maka di bagian bawah secara otomatis muncul kode LaTeX  \lim _{ x\longrightarrow3}{\frac{{x}^{2}-9}{x-3}}.
  4. Salin dan tempelkan (copy paste) di blog wordpress dengan menambahkan [*latex] di awal dan [*/latex] di akhir tanpa bintang, sehingga menjadi  [*latex]\lim _{ x\longrightarrow3}{\frac{{x}^{2}-9}{x-3}}[*/latex] (tanpa bintang).  Untuk diperhatikan bahwa kode LaTex yang didapat dari Daum Equation Editor mengandung banyak spasi dan spasi ini harus dihapus terlebih dahulu bila digunakan di wordpress.com, untuk platform lain tidak perlu.

Tulisan Terkait

About Moch. Fatkoer Rohman

Saya seorang guru matematika di SMAN 1 Tanjung Lombok Utara. Pendidikan terakhir S1 Pendidikan matematika IKIP Surabaya (sekarang UNESA). Perjalanan profesi, pernah menjadi guru inti dan anggota tim desain pembelajaran matematika di Lombok Barat.

Posted on 7 Mei 2013, in IT and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. Bagi saya yang hapal code latex malah nambah ribet Pak. Harus install extensi di chrome dan gak bisa dipake di semua browser. Saya lebih suka menggunakan http://latex.matemakita.com yang merupakan modifikasi dari codecogs.

  2. Ya sih. Tulisan saya memang untuk pemula yang belum hafal dengan kode LaTeX. Kalau saya malah lebih seneng menggunakan aplikasi desktop (spt PCtex) untuk menulis buku (misalnya). Kalau http://latex.matemakita.com itu kan hanya khusus rumus matematika (tidak umum). Untuk menulis buku saya sudah meninggalkan office dan beralih ke LaTeX

  3. saya juga sering menggunakan ini pak… hehe
    Like this yaa… 
    ╔══════════════════════════════════╗
    ║╔════════════════════════════════╗║
    ║║░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░║║
    ║║░░░░░░░░░░░░░░░░░▄▄░░░░░░░░░░░░░║║
    ║║░░░░░░░░░░░░░░░░█░░█░░░░░░░░░░░░║║
    ║║░░░░░░░░░░░░░░░░█░░█░░░░░░░░░░░░║║
    ║║░░░░░░░░░░░░░░░█░░░█░░░░░░░░░░░░║║
    ║║░░░░░░░░░░░░░░█░░░░█░░░░░░░░░░░░║║
    ║║░░░░░███████▄▄█░░░░░██████▄░░░░░║║
    ║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█░░░░░║║
    ║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░███░░░░░║║
    ║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█░░░░░║║
    ║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░███░░░░░║║
    ║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█░░░░░░░░░░░░░░█░░░░░║║
    ║║░░░░░▓▓▓▓▓▓█████░░░░░░░░██░░░░░░║║
    ║║░░░░░█████▀░░░░▀▀████████░░░░░░░║║
    ║║░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░░║║
    ║╚════════════════════════════════╝║
    ╚══════════════════════════════════╝

  4. Iya siy Pak. Saya juga pake buat matematika aja dan buat pribadi. Hehe. Btw, makasih ya infonya.

  5. ijin share pak 🙂

  6. Agung Izzul Haq

    Makasih infonya pak, dicoba dulu Daum Eq. Editornya.
    Dulu saya biasa pake Codecogs, atau saya tulis langsung untuk kode yang kebetulan saya hafal.

  7. Salam kenal ya teman. Pertama kali berkunjung untuk mengetahui cara menulis rumus matematika/fisika di blog/web, saya menemukan URL ini & akan dicoba selain memakai MS Word/MS Snipping. Thx

Tinggalkan Komentar